Rabu, 14 November 2018 22:25 WITA

Dua Terdakwa Karamnya KM Lestari Maju Disidangkan di Selayar

Penulis: Himawan
Editor: Abu Asyraf
Dua Terdakwa Karamnya KM Lestari Maju Disidangkan di Selayar
KM Lestari Maju

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Dua terdakwa perkara karamnya Kapal Lestari Maju di perairan Selayar segera disidangkan. Kepastian ini diungkapkan Kasipenkum Kejati Sulsel Salahuddin menyusul jaksa penuntut umum telah melimpahkan berkas perkaranya di pengadilan. 

Dua berkas perkara terdakwa yang telah dilimpahkan itu ialah nakhoda KM Lestari Maju Agus Susanto dan syahbandar pelabuhan Bira Kuat Maryanto. "Pekan lalu berkasnya sudah dilimpahkan ke Pengadilan," kata Salahuddin, Rabu (14/11/2018).

Namun, kata Salahuddin, dua berkas perkara terdakwa itu dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Selayar usai tim JPU menerima pelimpahan berkas perkara dari penyidik Polda Sulsel beberapa waktu yang lalu. 

"Sidangnya itu digelar di Pengadilan Selayar karena pelimpahan tahap dua dan lokus perkara di Selayar," imbuh Salahuddin.

Sementara itu, pemilik KM Lestari Maju Hendro Yuwono Njo yang juga menjadi tersangka dalam kasus ini masih belum dilimpahkan ke pengadilan. 

Salahuddin mengungkapkan untuk berkas perkara pemilik KM Lestari itu dilakukan secara terpisah (split) dengan dua terdakwa lainnya. 

"Untuk yang terdakwa lainnya, saya belum dapat informasinya. Hanya dua terdakwa saja yang sudah dilimpahkan perkaranya," pungkasnya.

Sebelumnya KM Lestari Maju karam di perairan Pabaddilan Desa Bongayya, Kecamatan Bonto Matene, Kabupaten Kepulauan Selayar Juli 2018. Peristiwa itu menewaskan 36 orang, termasuk beberapa anak-anak. 

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel dakam kasus ini menjerat ketiga tersangka dengan pasal 303 subsidaer pasal 117 juncto pasal 359 KUHP, pasal 302 subsidaer pasal 122 juncto pasal 359 KUHP.

Sedangkan untuk pemilik kapal, penyidik menjeratnya dengan pasal 358 KUHP, jo pasal 310 subsidaer pasal 135 UU RI No 16 tahun 2008, tentang pelayaran.