Rabu, 14 November 2018 15:51 WITA

Operasi Zebra 2018, Polres Soppeng Tilang 128 Pengendara di Bawah Umur

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Operasi Zebra 2018, Polres Soppeng Tilang 128 Pengendara di Bawah Umur

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Operasi Zebra yang berlangsung di wilayah hukum Polres Soppeng mulai dari tanggal 30 Oktober hingga 12 November 2018 telah menjaring 636 pelanggar. Jumlah pelanggar tersebut didominasi oleh pengendara roda dua.

Menurut Kasat Lantas Polres Soppeng, IPTU Hasanang, seluruh pelanggar yang ditindak didominasi oleh pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata. Diantaranya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, melawan arus, hingga pengendara roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

"Selain itu kami juga menindak sejumlah pengendara sepeda motor yang masih di bawah umur, mereka merupakan pelajar SMP dengan jumlah 128 orang," kata Hasanang, Rabu (14/11/2018).

Selain pengendara di bawah umur, sejumlah pelanggar yang berprofesi sebagai PNS juga tak luput dari tilang. PNS yang kena tilang selama Operasi Zebra berjumlah 66 orang dari berbagai instansi.

Loading...

"Untuk barang buktinya kami menyita 391 SIM, 292 STNK, termasuk kendaraan yang berjumlah 92. Kendaraan yang disita dikarenakan pengemudi tidak bisa menunjukkan SIM atau STNK saat ditilang. Seluruh barang bukti akan dikembalikan setelah pemilik membayar denda tilangnya," jelasnya.

Menurutnya, untuk Operasi Zebra tahun ini diketahui mengalami peningkatan pelanggar jika dibandingkan dengan tahun 2017. Dimana pada pada tahun 2017 polisi menindak 513 pelanggar.

"Ada beberapa faktor penyebab meningkatnya pelanggar, salah satunya adalah instruksi dari Kakorlantas untuk meningkatkan penindakan bagi pelanggar pada Operasi Zebra," tutupnya.

Loading...
Loading...