Selasa, 13 November 2018 23:13 WITA

Kadir Halid: Stadion Barombong Tak Boleh Jadi Besi Tua

Penulis: Rizal
Editor: Fathul Khair Akmal
Kadir Halid: Stadion Barombong Tak Boleh Jadi Besi Tua
Anggota Banggar DPRD Sulsel, Kadir Halid

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kelanjutan pembangunan Stadion Barombong menjadi salah satu perhatian Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dalam pembahasan APBD Pokok Sulsel 2019.

Anggota Banggar DPRD Sulsel, Kadir Halid bahkan ngotot mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 7 miliar khusus untuk biaya pembangunan bagian lapangan Stadion Barombong. Usulan tersebut disampaikan Kadir dalam rapat Banggar DPRD Sulsel dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sulsel terkait draft Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (13/11/2018).

"Kita tidak mau Barombong ini jadi besi tua. Jadi kita harus tetap lanjutkan pembangunannya. Yang kita butuhkan sekarang hanya lapangan dulu. Kalau mau lapangan seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, itu anggarannya Rp 7 miliar khusus untuk lapangannya saja. Makanya kita minta tambahan Rp 7 miliar untuk menyelesaikan lapangan Stadion Barombong supaya ini bisa dipergunakan," tuturnya ketika ditemui usai rapat.

Menurut Kadir yang juga Ketua Komisi E DPRD Sulsel tersebut, pembangunan bagian lapangan dari Stadion Barombong perlu diprioritaskan. Sebab menurutnya, jika bagian lapangan sudah selesai, maka setidaknya stadion ini sudah bisa digunakan.

"Kalau lapangan sudah selesai, meskipun bagian lain belum selesai, Stadion Barombong sudah bisa kita gunakan. Kan kalau lapangan sudah selesai, sudah bisa diperkirakan kapan rampungnya (seluruh bagian stadion). Tidak apa-apa begitu saja dulu. Kan sekarang sudah tertutupi (tribun), kalau sudah tertutupi tapi belum bagus lapangan kan tidak bisa digunakan.  Stadion ini boleh bertahap pembangunannya. Yang penting lapangan dulu. Jalan masuk kan juga sudah bagus, tinggal penataan lingkungan disekitar stadion," tambahnya.

Kadir menambahkan, untuk merampungkan pembangunan Stadion Barombong tersebut, masih dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp 46 miliar.

"Mulai dari lintasan atletik itu Rp 24 miliar sudah keliling, bagian tempat parkir sekitar Rp 15 miliar ditambah bagian lapangan tadi Rp 7 miliar, jadi masih butuh sekitar Rp 46 miliar. Kita minta yang Rp 7 miliar saja dulu karena belum bisa dianggarkan semuanya," tutupnya.