Selasa, 13 November 2018 22:59 WITA

BPOM Edukasi Karyawan Hero Group Soal Penyusunan Produk di Toko Ritel

Penulis: Nurhikmah
Editor: Fathul Khair Akmal
BPOM Edukasi Karyawan Hero Group Soal Penyusunan Produk di Toko Ritel

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Jika anda sering berbelanja di toko retail seperti Hero atau Giant, anda tentu senang melihat produk-produk disusun dengan rapi dan sesuai kategori masing-masing. Sehingga, mudah bagi pengunjung mendapatkan produk yang diinginkan.

Ternyata, dalam penataan produk-produk ini, tidak dilakukan serampangan atau sesuka hati pemilik maupun karyawan perusahaan ritel. Ada aturan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang harus diikuti.

Nah, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Nomor HK.03.1.23.11.10569 Tahun 2011 tentang Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik (CRPB). 

Melihat pentingnya aturan tersebut, dalam rangka menjaga keamanan produk dan patuh terhadap regulasi pemerintah yang berlaku, PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group) bekerja sama dengan  BPOM menyelenggarakan forum diskusi di Makassar, Selasa (13/11/2018).

Kepala Balai Besar POM Makassar, Drs Abdul Rahim yang hadir sebagai narasumber memaparkan mengenai Penerapan Keamanan Pangan untuk Mencapai Good Retail Practices
di hadapan para Store Manager Giant dan Hero Supermarket wilayah Makassar dan Manado. 

"Dalam rantai pangan, ritel merupakan simpul akhir yang berhubungan langsung dengan masyarakat selaku konsumen. Untuk memastikan risiko kerusakan pangan yang diserahkan kepada konsumen, dapat diminimalkan sebagai akibat kesalahan dalam penanganan, pemajangan dan penyimpanannya," katanya.

Dia menjelaskan, CRPB merupakan kegiatan pada tempat penjualan termasuk toko modern, agar pangan yang diperdagangkan atau diperjualbelikan terjaga mutunya, aman dan layak dikonsumsi. 

Sementara itu GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk, Tony Mampuk menjelaskan, sebagai rantai pangan terakhir yang langsung berhubungan dengan konsumen, kegiatan ritel sangat penting dalam menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat.

“Kami ingin menghadirkan toko-toko yang dapat dipercaya oleh pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas dan keamanan produk karena pelanggan adalah fokus utama kami," katanya 

Dia bilang, acara ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan Forum Diskusi HERO Group dengan BPOM yang sebelumnya telah diselenggarakan pada 18 Oktober 2018 di Tangerang selatan.  Selanjutnya forum diskusi ini juga akan dilanjutkan di lima wilayah lainnya yaitu Surabaya, Banjarmasin, Serang, Lampung, dan Semarang.

Berita Terkait