Senin, 12 November 2018 23:45 WITA

Bukan KPU RI, Uji Kelayakan Calon Anggota KPU 7 Daerah di Sulsel Ditangani KPU Sulsel

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Bukan KPU RI, Uji Kelayakan Calon Anggota KPU 7 Daerah di Sulsel Ditangani KPU Sulsel
Asram Jaya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tahapan seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) 7 daerah di Sulsel, hampir rampung. Tersisa, tahapan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang belum dilaksanakan.

Tahapan pamungkas ini, akan diikuti 70 orang calon komisioner. Masing-masing satu kabupaten/kota, tersisa 10 calon yang akan bertarung.

Meski 70 nama dari Tim Seleksi (Timsel) yang masuk 10 besar per kabupaten/kota ini dikirim ke KPU RI, tetapi uji kepatutan dan kelayakan akan ditangani KPU Provinsi Sulawesi Selatan.

"Iya benar kami yang akan fit and proper test, kami yang dimandatkan oleh KPU RI," kata Anggota KPU Sulsel, Asram Jaya, saat dikonfirmasi Rakyatku.com, Senin (12/11/2018).

Meskipun KPU Sulsel sebagai pelaksana, menurut Asram, keputusan terkait siapa calon komisioner yang lolos 5 besar sebagai calon anggota KPU definitif, tetap menjadi domain KPU RI. 

Loading...

KPU Sulsel hanya akan melakukan proses wawancara kepada para peserta. Hasilnya, akan dirangking kemudian diserahkan ke KPU RI. 

"KPU Sulsel hanya akan membuat rangking penilaian, yang akan dikirim kembali ke KPU RI. Hasilnya tetap KPU RI yang menentukan," tambahnya.

Asram mengaku belum punya bayangan teknis pelaksanaan fit and proper test itu. Pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI. "Jadwal dan tempatnya kita belum tahu," tutupnya.

Loading...
Loading...