Minggu, 11 November 2018 15:34 WITA

Kebakaran Hutan California: Korban Meningkat Jadi 23, 40.500 Hektar Lahan Hangus

Editor: Suriawati
Kebakaran Hutan California: Korban Meningkat Jadi 23, 40.500 Hektar Lahan Hangus
Reuters

RAKYATKU.COM - Jumlah korban tewas akibat kebakaran hutan California telah meningkat jadi 23 orang.

"Hari ini, 14 badan tambahan ditemukan, yang membawa jumlah total (korban) menjadi 23," kata Sheriff Kory Honea, pada hari Sabtu (10/11/2018).

Ia menambahkan bahwa 10 dari mereka ditemukan di kota Paradise sementara empat ditemukan di daerah Concow. Kedua tempat tersebut terletak di Butte County.

Sebanyak 19 dari 23 kematian dilaporkan di Paradise, di mana api menghancurkan lebih dari 6.700 bangunan, termasuk rumah,  rumah sakit, sebuah pompa bensin, restoran dan kendaraan.

"Besarnya kerusakan yang telah kita lihat benar-benar tidak dapat dipercaya dan memilukan, dan hati kami untuk semua orang yang telah terpengaruh oleh ini," kata Direktur Kantor Layanan Darurat California, Mark Ghilarducci.

Pejabat Gubernur Gavin Newsom telah mengumumkan keadaan darurat untuk menyalurkan bantuan ke tempat-tempat yang terkena dampak paling parah.

Kebakaran bermula di California utara awal Kamis lalu dan sejauh ini telah membakar 40.500 hektar lahan.

Lebih dari 3.200 petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan kobaran api. Mereka akan membutuhkan setidaknya tiga minggu untuk memadamkan api sepenuhnya.

Dinas Cuaca Nasional mengatakan kondisi kebakaran berbahaya diperkirakan akan berlanjut hingga Selasa.

Pemadam Kebakaran California Profesional Brian Rice mengatakan bahwa "kebakaran hutan dipicu oleh vegetasi kering, angin kencang, serta kelembaban rendah dan geografi".