Minggu, 11 November 2018 14:19 WITA

Menhub Pimpin Pemakaman Pahlawan Penerbangan Anthonius Gunawan Agung

Penulis: Himawan - Arfa Ramlan
Editor: Abu Asyraf
Menhub Pimpin Pemakaman Pahlawan Penerbangan Anthonius Gunawan Agung
Menhub Budi Karya Sumadi menyalami keluarga Antonius Gunawan Agung di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar, Minggu (11/11/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Suara tembakan ke udara dari TNI AD mengiringi prosesi pemakaman Anthonius Gunawan Agung. Petugas Air Traffic Controller (ATC) Air Nav Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu ini meninggal saat gempa pada Jumat (28/9/2018). 

Ada suasana haru menyelimuti pemakaman yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Makassar, Minggu (11/11/2018). Agung merupakan satu dari beberapa orang yang rela mengorbankan nyawanya demi nyawa ratusan orang saat gempa besar terjadi di Palu. 

Agung sebenarnya telah dimakamkan di pekuburan Antang sebulan yang lalu. Namun ia mendapatkan penghormatan dari Presiden RI Joko Widodo untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. 

Menhub Pimpin Pemakaman Pahlawan Penerbangan Anthonius Gunawan Agung

Ratusan keluarga, kerabat, serta beberapa pejabat menghadiri pemakamannya. Agung kini menyandang status pahlawan.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bertindak langsung sebagai inspektur upacara saat prosesi pemakaman berlangsung. Saat peti telah diturunkan di liang lahat, ibu dan ayah Agung turut menabur bunga. 

"Tepat satu hari setelah Hari Pahlawan, hari ini kita bersama-sama mengantarkan salah satu pahlawan penerbangan yang gugur saat mengabdikan diri dalam memastikan keselamatan penerbangan," kata Budi. 

"Kisah Agung bukan hanya menginspirasi Nusantara, dunia internasional turut berbelasungkawa khususnya bersama keluarga almarhum yang ditinggalkan," imbuhnya.

Menhub Pimpin Pemakaman Pahlawan Penerbangan Anthonius Gunawan Agung

Kepadatan terjadi hingga di luar pintu gerbang Taman Makam Pahlawan. Di Jalan Urip Sumoharjo, barisan orang-orang berseragam cokelat turut membentangkan spanduk bergambar Anthonius Agung. Ratusan ucapan bela sungkawa menyertai. 

Menteri Budi berharap kisah Agung bisa menjadi pelecut bagi sektor penerbangan nasional untuk terus berkembang dan menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama. 

"Untuk keluarga almarhum Agung, sekali lagi kami sampaikan belasungkawa yang begitu mendalam dan kami sadar penghargaan yang kami berikan dalam bentuk apapun tidak akan menggantikan sosok beliau di keluarga," ujar Budi. (Himawan) 

Berita Terkait