Minggu, 11 November 2018 13:46 WITA

"Saya Tercekik" Kata-kata Terakhir Khashoggi Sebelum Dibunuh

Editor: Suriawati
Poster Jamal Khashoggi

RAKYATKU.COM - Seorang wartawan senior Turki telah membeberkan bit-bit dari rekaman audio pembunuhan brutal jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

Nazif Karaman, kepala departemen investigasi di Daily Sabah mengatakan pada hari Sabtu bahwa Khashonggi memohon untuk hidupnya, sebelum dia tewas di tangan pembunuh. 

Dia mengatakan bahwa orang-orang yang membunuh Khashoggi meletakkan sebuah tas di kepalanya untuk mencekiknya.

"Saya tercekik, jauhkan tas ini dari kepala saya, saya claustrophobia," kata Khashoggi kepada tim pembunuh, menurut Karaman, seperti dikutip oleh Press Tv.

Lebih lanjut, Karaman menjelaskan bahwa para pembunuh meregangkan kantong plastik di ruangan tempat Khashoggi dibunuh untuk mencegah darahnya menyebar di lantai.

Salah al-Tabiki, ahli forensik Saudi, kemudian memotong tubuh Khashoggi menjadi lima bagian untuk memungkinkan orang lain memasukkannya ke dalam lima tas besar.

Tas-tas itu kemudian dipindahkan ke mobil milik Konsulat untuk mengangkut mereka ke luar misi diplomatik.

Karaman tidak merinci bagaimana tim pembunuhan Saudi berhasil membuang tubuh Khashoggi, sebuah pertanyaan yang masih belum terpecahkan dalam penyelidikan Turki.

Namun dia mengatakan bahwa tim Saudi telah melakukan perjalanan ke Turki dengan beberapa "alat dan peralatan" khusus.

Kisah Karaman berdasarkan rekaman audio yang menurut pihak berwenang Turki dapat membuktikan pembunuhan Khashogi di Konsulat pada 2 Oktober.

Pada hari Sabtu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa Ankara telah berbagi rekaman audio itu dengan para pejabat Saudi serta dinas intelijen dari empat negara Barat.

Nazif Karaman mengatakan bahwa Daily Sabah berencana untuk merilis rincian rekaman audio dari pembunuhan Khashoggi untuk menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana wartawan itu tewas di Konsulat Saudi.