Minggu, 11 November 2018 11:01 WITA

Fadli Zon Bikin Lagu Sontoloyo, Ini Pernyataan Menohok Ali Ngabalin 

Editor: Abu Asyraf
Fadli Zon Bikin Lagu Sontoloyo, Ini Pernyataan Menohok Ali Ngabalin 
Ali Mokhtar Ngabalin

RAKYATKU.COM - Ali Mochtar Ngabalin menyindir Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon terkait lagu "Sontoloyo" yang diciptakannya. Dia mempertanyakan kapasitas politikus Partai Gerindra tersebut.

Dalam video yang beredar, Fadli Zon tampil bertiga dengan Ahmad Dhani dan John Alang. Lagu itu berdurasi 3.19 menit. 

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin akhirnya angkat bicara. Ngabalin meminta wakil ketua umum Gerindra tersebut fokus dalam pekerjaannya sebagai wakil rakyat. 

Ngabalin lalu memposisikan diri sebagai mantan anggota Komisi I DPR yang ia jabat pada periode 2004-2009 silam. Menurutnya, dalam sejarah legislatif, belum pernah ia temukan pimpinan DPR yang berkarakter seperti Fadli. 

"Dalam sejarah DPR, itu tidak lazim ada pimpinan berkarakter seperti Fadli Zon, hampir tidak pernah ketemu, baru kali ini keblinger, mungkin terlalu muda, mungkin dia (Fadli) dari NGO yang tidak tahu juga latar belakangnya, tiba-tiba pada posisi yang tinggi sebagai wakil ketua DPR, semua harus ditanggapi kemudian membuat lagu dan puisi. Sebaiknya (Fadli) jadi seniman lebih bagus," ujar Ngabalin seperti dikutip dari Kumparan.com, Minggu (11/11/2018).

Dalam lagu itu, Fadli tak melantun sendiri, melainkan berkolaborasi bersama Ahmad Dhani dan Alang. Adapun, aransemen lagu ini, diciptakan Alang, si pencipta lagu "2019 Ganti Presiden" yang sempat populer jelang pendaftaran capres-cawapres.

Ungkapan kata "Sontoloyo" ini bermula saat Jokowi membagikan sertifikat tanah kepada 5.000 warga dari 18 kelurahan di Jakarta Selatan. Dalam sambutannya, ia sempat menyinggung soal dana kelurahan yang tengah ramai diperbincangkan.
Jokowi mengaku heran lantaran urusan dana desa dikaitkan dengan politik. Padahal, menurutnya, dana kelurahan sama halnya dengan dana desa yang sebelumnya telah dibagikan.


Berikut lirik lagu Sontoloyo yang telah diunggah ke youtube channel dan akun instagram Fadli Zon:
 
Kau bilang ekonomi meroket padahal nyungsep meleset
Sontoloyo..

Kau bilang produksi beras berlimpah tapi impor tidak kau cegah
Sontoloyo..

Kau bilang pengangguran turun orang cari kerja makin berjibun
Sontoloyo..

Utang numpuk bertambah rupiah anjlok melemah, harga-harga naik merambah, hidup rakyat makin susah, kau jamu asing bermewah-mewah
Sontoloyo, sontoloyo, sontoloyo..