Sabtu, 10 November 2018 21:13 WITA

Garbi, Ormas Nasional yang Terlahir dari Timur 

Penulis: Rizal - Arfa Ramlan
Editor: Eka Nugraha
Garbi, Ormas Nasional yang Terlahir dari Timur 

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Sulawesi Selatan resmi dideklarasikan. Acara pengukuhan digelar di Tribun Lapangan Karebosi, Makassar, Sabtu (10/11/2018).

Turut hadir dalam deklarasi tersebut masing-masing deklarator Garbi yang juga Anggota DPR RI Mahfudz Siddiq, Ketua Umum Garbi Sulsel sekaligus Bupati Takalar, Syamsari Kitta, mantan Sekretaris PKS Sulsel, Taslim Tamang yang menjabat sebagai Ketua Harian Garbi Sulsel, mantan Ketua Bappilu PKS Sulsel Irwan ST yang menjabat sebagai Sekretaris Garbi Sulsel, mantan Sekretaris PKS Makassar, Mudzakkir Ali Djamil yang menjabat sebagai Bendahara Garbi Sulsel, serta mantan Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Sulsel, Jafar Sodding.

Dalam sambutannya, Ketua Garbi Sulsel, Syamsari Kitta menegaskan bahwa Garbi merupakan ormas yang akan membawa perubahan terhadap kemajuan bangsa dan negara. Dicetuskan di Sulsel, menurut Syamsari, Garbi akan menjelma sebagai matahari dari timur.

"Garbi ini tidak dimulai dari pusat atau Jakarta tapi dari Sulsel. Dari timur untuk Indonesia. Ini adalah cara baru membangun Indonesia bukan dari Jakarta tapi kita menularkan semangat itu dari daerah. Kita optimis akan membawa hawa perubahan," tutur Syamsari didepan ratusan simpatisan Garbi yang memadati tribun lapangan yang menjadi ikon Kota Makassar tersebut.

Tujuan Garbi, menurut Syamsari adalah untuk membawa Indonesia berjaya kembali. Targetnya adalah menempatkan Indonesia dalam lima besar kekuatan dunia.

"Kita bercita-cita melihat Indonesia jauh lebih baik. Kita mau sama-sama membawa ide arah baru Indonesia ini untuk membawa bangsa ini menjadi kekuatan lima terbesar didunia. Dari timur cita-cita ini akan kita rancang, karena semuanya butuh perjuangan, tak mengalir begitu saja," tambahnya.

Syamsari menegaskan bahwa Garbi terbentuk karena adanya kekuatan dari bawah untuk berpartisipasi dalam membangun bangsa. Menurutnya, tak ada kepentingan apapun yang dibawa Garbi selain memberikan sumbangsih bagi bangsa, baik melalui ide-ide arah baru Indonesia maupun melalui kerja nyata.

"Ada kekuatan arus bawah yang begitu kuat untuk mengubah Indonesia. Aspirasi inilah yang kita tampung dalam wadah bernama Garbi," tutupnya.

Berdasarkan pantauan Rakyatku.com, deklarasi yang mengangkat tema "Mencari Pahlawan Indonesia" tersebut dihadiri oleh ratusan simpatisan Garbi yang berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel. Mereka mengenakan atribut berwarna merah sebagai corak khas Garbi. 

Deklarasi ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Garbi Sulsel Syamsari Kitta bersama deklarator Garbi Mahfudz Siddiq. Sulsel sendiri menjadi provinsi ke-10 kepengurusan Garbi yang telah dideklarasikan.