Sabtu, 10 November 2018 19:39 WITA

Bupati Indah: Kita Butuh Pemuda Berjiwa Patriot

Editor: Aswad Syam
Bupati Indah: Kita Butuh Pemuda Berjiwa Patriot
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, saat menyematkan satyalencana kepada sejumlah ASN.

RAKYATKU.COM, MASAMBA - Satu demi satu, tangan veteran pejuang disalami Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Pundak beberapa wanita yang berusia lanjut, ditepuk. Itu dilakukan usai memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Baruka Sawerigading, Jl Simpurusiang, Kompleks Kantor Pemkab Luwu Utara, Sabtu (10/11/2018). 

Bupati Indah: Kita Butuh Pemuda Berjiwa Patriot

Sebagaimana diketahui peringatan Hari Pahlawan pada tahun ini, mengangkat tema "Semangat Pahlawan di Dadaku". 

Dalam sambutannya, Indah menyampaikan amanat serentak Menteri Sosial. Menurut Indah, tema yang diangkat pada tahun ini, mengandung makna di mana sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan, tertanam nilai-nilai kepahlawanan.

Karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan. Setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali, dapat berinisiatif mengabdikan diri, untuk hal-hal yang bermanfaat demi kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Lanjut, Indah Putri mengimbau, peringatan Hari Pahlawan jangan hanya dijadikan hal seremonial belaka. Namun harus melahirkan ide dan gagasan, serta mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

"Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas, memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia," lanjutnya.

Indah bilang, dibutuhkan sosok pemuda sebagai generasi penerus untuk mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

"Negeri bahkan daerah ini khususnya, juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan bangsa, dan daerah ini diperhitungkan dalam bersaing," tutupnya.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Bupati Luwu Utara, Unsur FORKOPIMDA, para asisten, staf ahli, kepala SKPD serta ASN lingkup Pemkab Luwu Utara, serta perwakilan dari unsur TNI, Polri, pimpinan BUMN, pelajar dan pejuang veteran. 

Seusai upacara dilanjutkan dengan penyerahan satya lencana pengabdian kepada beberapa ASN lingkup Pemkab Luwu Utara, kemudian pemberian bingkisan kepada pejuang veteran lalu ziarah ke Taman Makam Pahlawan.