Sabtu, 10 November 2018 18:52 WITA

Kampanye Capres Tak Untungkan Parpol, Demokrat Tak Sosialisasikan Prabowo?

Editor: Abu Asyraf
Kampanye Capres Tak Untungkan Parpol, Demokrat Tak Sosialisasikan Prabowo?
Prabowo Subianto bersama Agus Harimurti Yudhoyono.

RAKYATKU.COM - Partai politik di luar PDIP dan Partai Gerindra diduga tidak terlalu fokus mengampanyekan capres-cawapres usungan mereka. Ada apa?

Hasil survei menunjukkan kontestasi capres-cawapres hanya menguntungkan dua partai politik secara langsung. Keduanya, yakni PDIP yang menjadi pengusung utama Jokowi serta Gerindra yang menjadi pengusung utama Prabowo Subianto.

Makanya, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), tak menjawab secara tegas ketika ditanya apakah caleg partainya akan mengampanyekan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

"Yang jelas caleg tujuannya adalah untuk menang. Mendapatkan kursi sebagai wakil rakyat. Segala hal strategi dijalankan disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing," kata AHY, Sabtu (10/11/2018). 

Ia mengatakan, Pemilu 2019 merupakan tantangan yang berat bagi Partai Demokrat yang tidak mengusung capres dan cawapres. 

Sebab, kata AHY, hanya partai yang mengusung capres atau cawapres yang diuntungkan pada Pemilu 2019. Dengan demikian, partai bisa mendapat limpahan suara dari tingginya elektabilitas capres atau cawapres yang diusung. 

Karena tak mengusung capres atau cawapres, saat ini Demokrat mengedepankan figur para caleg di dapil masing-masing untuk meraih kursi.