Minggu, 11 November 2018 04:00 WITA

11-11 Dikenal dengan Single Day, Harinya Para Jomblo 

Editor: Eka Nugraha
11-11 Dikenal dengan Single Day, Harinya Para Jomblo 

RAKYATKU.COM -- Tanggal 11 November (11-11) seolah menjadi tanggal yang sakral. Terutama bagi para lajang di beberapa negara. Mereka menyebutnya dengan istilah single day. 

Namun tahukah kamu jika Single Day awalnya berasal dari China? Dikenal dengan nama Guanggun Jie, Single Day sebenarnya adalah festival menghibur di antara anak-anak muda di China. Terutama mereka yang belum memiliki kekasih. 

Tanggal ini dipilih karena angka '1' diibaratkan sebagai seorang individu yang sendirian. Awalnya, Single Day juga dikenal sebagai Bachelor's Day karena dirayakan oleh para pria lajang. Namun kini, perayaan tersebut juga dirayakan oleh para wanita. Bahkan di China, beberapa universitas memiliki acara tersendiri untuk merayakan kejombloan mereka.

Banyak yang menceritakan bahwa Single Day ini awalnya berasal dari salah satu universitas di Nanjing, China, pada 1993 silam. Kala itu, empat mahasiswa pria yang tinggal di satu asrama kerap membicarakan bagaimana mereka bisa mendapatkan kekasih. 

Dari situ, muncul ide untuk membuat aktivitas pada tanggal 11 bulan 11. Sejak saat itu, aktivitas yang dilakukan pada 11/11 tersebar luas, bahkan hingga ke seluruh penjuru China dan beberapa negara lainnya seperti Korea dan Jepang. 

Hari peringatan ini kemudian dimanfaatkan sebagai peluang bisnis oleh para pelaku bisnis online. Sebut saja grup perusahaan Alibaba, situs Tmall dan Taobao yang berhasil meraup keuntungan penjualan berbagai produk. 

Rupanya, Single Day juga dirayakan di Korea Selatan. Namun dengan kemasan yang sedikit berbeda, Pepero Day namanya. Setiap 11 November, mereka merayakan tradisi bertukar camilan stik bernama Pepero, camilan wafer berbentuk stik yang dilumuri cokelat, kacang almond, serta aneka topping lainnya.  

Belgia juga sempat berpartisipasi merayakan Single Day. Namun respon yang diterima justru negatif. Hal itu karena 11 November merupakan hari penting dalam sejarah Belgia, yakni hari peringatan kematian pada Perang Dunia I. 

Di Indonesia sendiri, Single Day tidak terlalu umum dirayakan. Yang ada justru Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang tahun ini dimulai dari 11 November hingga 12 Desember selama 1 bulan penuh.

Berita Terkait