Sabtu, 10 November 2018 18:27 WITA

Berenang di Lumpur dengan Trail Jagoan

Penulis: Syukur
Editor: Aswad Syam
Berenang di Lumpur dengan Trail Jagoan
Para peserta melewati jalur berlumpur dalam event Jago dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Gowa. (Foto: Syukur)

RAKYATKU.COM, GOWA - Sabtu, 10 November 2018. Puluhan rider dari berbagai komunitas trail, sudah menempatkan motornya jangkungnya di belakang garis start. Pagi itu, Adnan Purichta Ichsan sudah di atas panggung start, Danau Mawang.

Bupati Gowa itu memegang bendera. Waktu belum menunjuk ke pukul 10.00, ketika bupati termuda di Indonesia bagian timur itu mengangkat bendera.

Berenang di Lumpur dengan Trail Jagoan

Rider menarik gas. Motor-motor trail itu memelesat menuju garis petunjuk jalur yang telah dipasang panitia Event Trail Adventure Jelajah Alam Gowa (Jago).

Panjang rute yang dilewati sekitar 80 kilometer, dengan start dan finis di Danau Mawang, Kabupaten Gowa. 

Jalur yang dilalui bervariasi, dengan melewati tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa, yakni Kecamatan Bonto Marannu, Kecamatan Patalassang dan Kecamatan Parangloe. Tanjakan, turunan, hutan, sawah, bebatuan, perkebunan dan sungai, mewarnai jalur trail adventure Jago.

Berenang di Lumpur dengan Trail Jagoan

Jalur yang becek, memberi tantangan tersendiri bagi para rider. Meskipun selama di jalur tak turun hujan, namun genangan dan jalan becek yang menjadi idaman para rider masih banyak. 

Tak hanya mandi lumpur, beberapa raider juga sempat terjatuh dari kuda besinya, lantaran tak bisa menyeimbangkan motor di jalur licin. Bahkan ada yang tercebur ke dalam genangan air dan berenang bersama dengan tunggangannya.

Berenang di Lumpur dengan Trail Jagoan

Setelah menempuh jalur dan santap siap di pos makan yang telah disiapkan panitia pelaksana, sekitar pukul 14.00 Wita, sudah ada rider yang sampai di garis finis. Rider yang telah sampai finis langsung mengabadikan diri dan motor yang dalam keadaan mandi lumpur di photobooth yang telah disiapkan panitia. 

Tempat photobooth ini sangat indah, karena langsung menjadikan Danau Mawang sebagai background.

"Jalurnya lumayan, sangat menyenangkan. Tidak berat tapi juga tidak terlalu ringan. Sangat pas untuk jalur event, fun dan menantang. Jalurnya lengkap. Tanjakan, turunan, lumpur, genangan, sungai ada semua. Mantap," ungkap Hamka, salah satu rider yang terlihat penuh lumpur saat sampai di garis finis.

Event Jago digelar Komunitas trail R-Trac, bekerja sama dengan PTC dan Komunitas Trail Gowa. Event ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Gowa. Event ini sangat diapresiasi Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Bahkan sebelum melepas para rider, Adnan menyebut akan memberikan tambahan sumbangan sebanyak Rp10 juta kepada panitia pelaksana.

"Tentunya kita sangat apresiasi. Melalui event ini, diharapkan dapat memperkenalkan destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Gowa, yang mungkin saja tak ada di tempat lain," ungkap Adnan saat memberi sambutan sebelum mengangkat bendera start.