Sabtu, 10 November 2018 18:00 WITA

Biaya Pencarian Black Box Jauh Lebih Mahal, Mengapa Penumpang Disudahi?

Editor: Abu Asyraf
Biaya Pencarian Black Box Jauh Lebih Mahal, Mengapa Penumpang Disudahi?
CVR

RAKYATKU.COM - Pencarian penumpang Lion Air JT-610 resmi dihentikan, Sabtu (10/11/2018). Namun, Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT) melanjutkan pencarian black box berisi cockpit voice recorder (CVR).

"Kami belum tahu sampai kapan pencarian ini bisa kami lakukan, tentunya juga kami harus juga nantinya berpikir masalah biaya karena biaya pencarian black box ini cukup masif," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. 

Biaya yang dibutuhkan untuk mencari black box yang berisi CVR tidak main-main. Biaya besar itu terutama untuk mendatangkan alat-alat canggih yang berfungsi mendeteksi letak black box. 

Soerjanto mengaku tidak tahu sudah berapa danam yang digunakan untuk mencari black box. "Waduh enggak tahu. Saya enggak monitor dana tapi saya monitor pekerjaannya saja, yang penting black box ketemu, itu yang kita jadikan standarnya," ujar dia seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia mengatakan, dana yang keluar untuk pencarian black box juga berasal dari kantong sejumlah instansi. Soerjanto menyebut, KNKT juga akan melakulan koordinasi lanjutan bila dana pencarian black box habis.

Sejauh ini, KNKT baru menemukan black box yang berisi flight data recorder. Alat itu ditemukan Kamis (1/11/2018).