Sabtu, 10 November 2018 16:22 WITA

Gagal Penuhi Target, Karyawan Dipaksa Makan Kecoak

Editor: Suriawati
Gagal Penuhi Target, Karyawan Dipaksa Makan Kecoak
INT

RAKYATKU.COM - Memberikan sanksi kepada karyawan yang gagal mencapai target perusahaan adalah hal lumrah. Tapi sebuah perusahaan perbaikan rumah di Zuny, China, memberikan hukuman ekstrim berupa makan kecoak.

Hukuman itu menyebabkan kemarahan setelah seorang karyawan membagikan video di media sosial untuk mengeluhkan tentang hukuman yang dia alami bersama teman-temannya.

Postingannya termasuk video seorang pria berdiri di tengah ruangan dan dicambuk dengan sabuk oleh bosnya, sambil disaksikan rekan kerjanya.

Rekaman itu juga menunjukkan orang-orang minum cangkir berisi cairan kuning yang diduga urine.

Video itu kemudian dihapus, tapi orang-orang telah mengambil screenshot dan semuanya menjadi viral.

Selain video, beredar juga screenshot pesan teks dari manager yang berbunyi, "jika tujuan penjualan belum dipenuhi pada akhir bulan ini, pemimpin tim harus makan tiga kecoak untuk setiap penjualan yang gagal."

Pesan-pesan teks lain mengungkapkan beberapa hukuman kejam yang dibuat oleh manajer perusahaan, termasuk minum cuka atau air toilet, menjual kondom dan pembalut di jalanan dan mencukur rambut mereka.

Melihat semua itu, banyak orang bertanya-tanya mengapa karyawan tidak berhenti dan mencari pekerjaan di tempat lain.

Namun, seorang anggota staf perusahaan mengatakan kepada Pear Video bahwa banyak karyawan yang dibayar per dua bulan, dan manajemen telah mengancam akan mengurangi pesangon mereka jika mereka berani keluar.

Setelah berita itu tersebar luas, polisi China akhirnya mengambil tindakan. Mereka telah menangkap tiga manager perusahaan.

Menurut pernyataan yang diposting oleh polisi Zunyi di Weibo, dua manajer telah dipenjara selama 10 hari, sementara manajer ketiga akan menghabiskan lima hari di balik jeruji besi.

Tags