Jumat, 09 November 2018 19:28 WITA

Bangunan Tanpa IMB di Gowa Dibongkar Paksa

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Mulyadi Abdillah
Bangunan Tanpa IMB di Gowa Dibongkar Paksa
Alat berat dikerahkan untuk membongkar bangunan yang tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Gowa, pada Jumat (9/11/2018).

RAKYATKU.COM, GOWA - Puluhan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gowa membongkar bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Jalan Palantikang, Kecamatan Somba Opu, pada Jumat (9/11/2018).

Pemilik bangunan sempat bersitegang dengan personel Satpol PP yang di backup aparat Polres Gowa dan Kodim 1409 Gowa. 

Kepala Satpol Gowa, Alimuddin Tiro menegaskan, surat perintah pembongkaran sudah dilayangkan sebanyak empat kali kepada pemilik bangunan bernama Sofyan. Namun tidak sedikitpun diindahkan. 

"Peringatan sejak Februari 2017, September 2017, kemudian Februari 2018, dan 27 September 2018 untuk membongkar sendiri bangunan miliknya. Tapi tidak diindahkan, makanya sekarang kita bongkar berdasarkan disposisi dari Bupati Gowa, Adnan Purichta," jelas Alimuddin Tiro.

Alimuddin menambahkan, pihaknya hanya menegakkan Perda atas bangunan yang tanpa memiliki izin bangunan.
"Kami tidak mempermasalahkan tanahnya, yang kita masalahkan hanya masalah izin bangunannya yang tidak memiliki izin," papar Alimuddin.

Pemilik lahan, Sofyan mengaku bangunan itu sudah ditinggalinya sejak 2006. Sofyan mengaku telah menemui Sekda Gowa dan diarahkan ke pihak perizinan. 

"Saya ke Sekda, terus pak Sekda kasih saya surat dari Dinas PU dan dia tulis lagi disitu pakai tangan kalau bangunan kayu tidak perlu pakai IMB, kecuali rumah batu dibangun. Saya bilang okelah, karena saya bilang dimana saya mau ambil uang untuk bangun rumah batu. Terus pihak perizinan datang kesini, dia bilang pihaknya sudah bicara dengan PU dan bangunan seperti ini tidak perlu ada IMB," jelas Sofyan.