Jumat, 09 November 2018 17:47 WITA

Satpol PP Bulukumba Copot APK yang Dipaku di Pohon

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Satpol PP Bulukumba Copot APK yang Dipaku di Pohon
Satpol PP Bulukumba menertibkan APK yang dipaku di pohon.

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bulukumba menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di sejumlah pohon.

Penertiban APK ini berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bulukumba. Penertiban dilakukan di sepanjang jalan protokol, antara lain di Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (9/11/2018).

Koordinator Divisi Penindakan Pelangaran Bawaslu Kabupaten Bulukumba, Bakri Abu Bakar menjelaskan, APK sebagai salah satu metode kampanye diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan diatur dalam PKPU. 

Namun pemasangan APK sendiri memiliki aturan yang harus menjadi acuan. "Kami membersihkan APK yang di luar dari ketentuan. Misalnya yang dipasang di pohon. Itu melanggar etika dan keindahan kota," ujarnya.

Bakri berharap tugas itu tak hanya dibebankan pada Satpol PP. Butuh dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dengan turut menjadi pengawas di wilayahnya masing-masing. 

Kepala Satpol PP dan Damkar, Andi Baso Bintang mengatakan, sebelum penurunan APK telah diokoordinasikan dengan pihak terkait. 

"Memaku APK di pohon itu ada aturannya. Melanggar PKPU dan ternyata juga melekat di Perda yang baru, Perda yang mengatur mengenai keindahan kota dan kelestarian lingkungan," ujarnya.