Jumat, 09 November 2018 17:17 WITA

Yasir Machmud Dijamu di Museum Lapawawoi Istana Raja Bone

Editor: Abu Asyraf
Yasir Machmud Dijamu di Museum Lapawawoi Istana Raja Bone
Yasir Machmud disambut di Museum Lapawawoi Istana Raja Bone, Kamis (8/11/2018).

RAKYATKU.COM - Politikus Partai Golkar, Yasir Machmud mendapat sambutan hangat saat berkunjung ke Bone, Kamis (8/11/2018). Dia sempat mendapat jamuan istimewa di Museum Lapawawoi Istana Raja Bone.

Yasir Machmud yang saat ini berjuang menuju DPR RI dari Dapil Sulsel 2 memenuhi undangan Petta Baso dan sembilan pemuda pemerhati seni budaya, Bone. Mereka penanggung jawab museum tersebut.

Ketua KNPI Sulsel itu menyempatkan waktunya ke museum usai blusukan ke Kecamatan Salomekko dan Cina. Belum sempat istirahat sejak pagi, Yasir langsung mampir ke museum yang diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Daoed Joesoef pada tahun 1979 itu.

Pengusaha muda ini menyambut hangat undangan tersebut. Yasir selama ini dikenal sosok pemuda Bugis yang gandrung dengan peninggalan sejarah. Dia senang benda-benda unik yang bernilai sejarah. 

Yasir Machmud Dijamu di Museum Lapawawoi Istana Raja Bone

Dalam usianya yang masih muda, Yasir sangat paham dan mampu menginternalisasi nilai-nilai kesejarahan Kerajaan Bone. Menurutnya, adat, budaya, dan benda pusaka adalah tatanan nilai kesejarahan yang menopang peradaban dan kemajuan suatu daerah.

Pada kesempatan itu, Petta Baso mengatakan bahwa tugas menjaga kelestarian dan merawat jaringan adat adalah kewajiban kita semua sebagai pemuda pewaris bangsa. 

"Kehadiran pak Yasir Machmud di museum rumah adat raja Bone ini adalah salah satu bentuk kepedulian seorang putra Bugis yang berpihak pada fakta sejarah bangsa. Insyaallah kalau pak Yasir bisa menjaga aura ade' (adat) Bone, maka beliau pantas dan sangat layak menjadi legislator mewakili masyarakat Sulsel," kata Petta Baso.

Salah seorang pemerhati adat, Andi Apriyandi yang juga pemeran dalam film Datu Museng mengemukakan bahwa secara pribadi dia sangat mendukung dan siap bekerja untuk memenangkan Yasir Machmud.

"Selain beliau memiliki hob 'parewa bessi', beliau juga adalah politisi muda yang bersih dan pengusaha yang berprestasi dalam bidang pembangunan daerah," katanya.

Hal senada disampaikan tokoh penggerak Poros Pemuda Bersatu Kabupaten Bone, Andi Singkeru Rukka.

"Secara subjektif, saya menilai di antara semua caleg DPR RI putra Bone, saya hanya mengenal dengan baik sosok Yasir Machmud dan cukup dekat secara pribadi. Tentu secara objektif, saya mau mengedukasi kepada pemuda Bone secara faktual untuk bisa menilai sendiri sosok Yasir Machmud," katanya. 

Setelah berbincang-bincang di rumah adat, para pemuda mengarahkan Yasir Machmud untuk melanjutkan kunjungan ke rumah Andi Takdir, guru besar sempreng kilat yang juga tokoh adat Bone. 

"Insyaallah kita mesti bersatu untuk mengawal sebuah kebajikan. Nama Yasir Machmud sudah cukup dikenal di Bone dan semoga bisa terpilih untuk Pemilu 2019. Secara pribadi, saya ikut dengan arahan Puang Baso Bone," kata Andi Takdir.