Jumat, 09 November 2018 15:53 WITA

Respons Keresahan Warga, BMKG Kirim Tim Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi ke Mamasa

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Respons Keresahan Warga, BMKG Kirim Tim Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi ke Mamasa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merespons keresahan warga di Kabupaten Mamasa terkait gempa bumi yang sudah berlangsung tujuh hari di wilayah itu. Untuk menciptakan ketenangan masyarakat di Mamasa BMKG turun langsung ke wilayah itu. 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan BMKG Pusat sudah menugaskan dan memberangkatkan tim survei dari Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar untuk memberikan penjelasan dan sosialisasi mitigasi gempa bumi. 

"Ini penting agar masyarakat setempat menjadi lebih waspada dan memahami cara-cara selamat dalam menghadapi gempa. BMKG juga memonitor aktivitas gempa susulan di Mamasa dengan memasang portable digital seismograf," kata Rahmat, Jumat (9/11/2018).

Rahmat mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Ia juga mengatakan agar warga tidak mudah terpengaruh oleh isu dan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Hingga saat ini belum ada laporan terjadinya kerusakan bangunan rumah sebagai dampak gempa yang terjadi di Mamasa. Namun, Rahmat memaklumi bila ada warga yang resah akibat ratusan gempa itu. Apalagi Mamasa selama ini termasuk kawasan aktivitas kegempaan rendah (low seismicity). 

"Wajar jika masyarakat setempat menjadi resah akibat adanya aktivitas gempa yang dinilai tidak lazim ini,"imbuhnya. 

Gempa bumi di Kabupaten Mamasa masih terjadi hingga hari ini. Setidaknya dari catatan pusat gempa dan tsunami BMKG pusat, ada 217 kali gempa terjadi di wilayah ini.