Jumat, 09 November 2018 15:01 WITA

Sanksi Diperpanjang, Kemenristek Dikti Akan Verifikasi UIT Makassar

Penulis: Azwar Basir
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Sanksi Diperpanjang, Kemenristek Dikti Akan Verifikasi UIT Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kemenristek Dikti kembali memperpanjang sanksi administrasi yang dijatuhkan kepada universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar. 

Hal tersebut tertuang dalam surat perpanjangan sanksi dari Kemenristek Dikti dengan nomor 8822/C5/KL/2018 yang ditandatangani oleh Direktur pembinaan kelembagaan perguruan tinggi pada 8 November 2018. 

Sanksi administrasi berat untuk UIT Makassar tersebut diperpanjang selama satu bulan karena UIT terlambat mengirim surat ke Kemenristek Dikti tentang pencabutan ijazah 900 mahasiswa yang diwisuda saat masih disanksi. 

"Kemarin tanggal 5 UIT baru mengirim surat pencabutan ijazah 900 mahasiswa UIT Makassar yang tidak sah," kata Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin, Jumat (9/11/2018). 

Setelah UIT Makassar melaporkan semua pelanggaran sudah diperbaiki, termasuk ijazah 900 mahasiswa dicabut, maka Kemenristek Dikti akan melakukan verifikasi dengan turun langsung ke lapangan untuk mencocokan laporan UIT.

Verifikasi tersebut direncanakan dilakukan pada tanggal 15 hingga 16 November 2018 mendatang. "Insyaallah pekan depan tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) dari pusat bersama tim dari lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDikti) Wilayah IX akan datang ke UIT," beber Prof Jasruddin. 

Sementara itu, Ketua Yayasan UIT Makassar, Aminuddin, mengaku siap jika tim EKA dari Kemenristek Dikti bersama dengan tim dari LLDIKTI datang ke kampusnya untuk verifikasi data. 

"Kami sudah sangat siap untuk diversifikasi, jadi kapan pun mereka datang kami siap, bahkan kalau besok datang kami siap, karena kami sudah menyiapkan bahan dan laporan sudah lengkap," tutupnya.