Jumat, 09 November 2018 12:56 WITA

Resmi Ditetapkan, Segini Upah Minimum Kota Makassar 2019

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Aswad Syam
Resmi Ditetapkan, Segini Upah Minimum Kota Makassar 2019
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Irwan Bangsawan menjelaskan kenaikan UMK Kota Makassar kepada wartawan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dewan Pengupahan Kota Makassar, akhirnya menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) khusus tahun 2019 mendatang. Kenaikan UMK Makassar sebesar Rp2.941.270 atau naik 8,03 persen dari sebelumnya Rp2.722 631.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Irwan Bangsawan menjelaskan, kenaikan UMK di Makassar berdasarkan arahan Kementerian Ketenagakerjaan. Selain itu, naiknya pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional sehingga kenaikan UMK di Makassar naik 8,03 persen.

"Alhamdulillah di hari Jumat ini diulang tahun Kota Makassar, kita berhasil menetapkan UMK Makassar Rp2.941.270. Kenaikan tetap pada kisaran 8,03 persen," jelas Irwan Bangsawan usai rapat dewan pengupahan, Jumat (9/11/2018).

Ia mengatakan, dalam rapat dewan pengupahan sempat terjadi perdebatan. Sebab kenaikan yang diusulkan dari unsur Serikat Buruh Makassar disodorkan sebesar 11,03 persen, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Namun setelah dilakukan pemaparan secara rasional, alhasil pembahasan UMK kembali ke 8,03 persen. "Pertama aturan ini mengikat keperintisan pusat. Kemudian pemerintah Provinsi juga menetapkan 8,03 persen. Sehingga kita pengacau pemerintah ke pusat," paparnya.

Nantinya, dalam jangka waktu dekat, hasil rapat dewan pengupahan UMK akan disampaikan dilaporkan kepada wali kota Makassar. "Besok barang kali kita akan laporkan kepada wali kota, untuk menyampaikan hal ini secara resmi melalui berita acara," pungkasnya.