Jumat, 09 November 2018 10:49 WITA

Pemilik Toko Tetap Buka saat Azan, Wakil Bupati Aceh Besar Naik Pitam Sambil Bawa Kayu

Editor: Abu Asyraf
Pemilik Toko Tetap Buka saat Azan, Wakil Bupati Aceh Besar Naik Pitam Sambil Bawa Kayu
Wakil Bupati Aceh Besar, Husaini A Wahab menegur pemilik toko yang mengabaikan azan. (FOTO: SERAMBINEWS)

RAKYATKU.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar belajar pada gempa dan tsunami beberapa tahun lalu. Sebagai wilayah yang menerapkan syariat Islam, sejumlah aturan dibuat untuk mendorong warga muslim melaksanakan agamanya secara menyeluruh.

Tak hanya mengimbau warga muslim untuk salat berjemaah di masjid pada awal waktu. Seluruh toko juga diminta ditutup sejak azan hingga selesainya salat fardu. Kebijakan itu diambil untuk menghargai jemaah yang tengah melakukan salat dan melaksanakan syariat Islam.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, M Basir mengatakan, instruksi bupati itu memang sudah dikeluarkan pada tahun ini untuk menghentikan aktivitas selama azan dan waktu salat.

Dalam instruksi itu, kata dia, pihak pemerintah hanya meminta setiap toko dan warung menutup gerainya. Setelah waktu salat selesai dipersilahkan untuk membuka kembali. "Sebentar saja, setelah salat buka lagi. Sekitar 5 menit. Itu berlaku untuk semua kegiatan," ucapnya seperti dikutip dari Viva.co.id, Jumat (9/11/2018).

Kebijakan itu bukan hanya diberlakukan pada toko saja, bahkan ke masing-masing kantor/instansi yang berada di wilayah Aceh Besar. Pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada masing-masing camat untuk disosialisasikan ke setiap toko.

Sebelumnya, Wakil Bupati Aceh Besar, Husaini A Wahab melakukan sidak ke beberapa toko dan warung di wilayah Kecamatan Jantho, Aceh Besar.

Melihat adanya warung yang buka, Husaini langsung naik pitam dan memarahi sejumlah pengunjung dan pemilik warung. Ia melakukan sidak karena instruksi ini seakan diabaikan oleh pemilik warung.

"Sebelumnya sidak sudah pernah juga kita lakukan, tetapi tidak langsung seperti hari ini. Mungkin hari ini sudah dilihat, beberapa pekan ini, tetapi tidak ada perubahan. Makanya wakil bupati langsung turun sidak."


 

Berita Terkait