Kamis, 08 November 2018 20:59 WITA

Dua Tersangka Pembunuh Satu Keluarga di Tinumbu Ditahan di Rutan Selama 20 Hari

Penulis: Himawan
Editor: Adil Patawai Anar
Dua Tersangka Pembunuh Satu Keluarga di Tinumbu Ditahan di Rutan Selama 20 Hari

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Usai polisi melimpahkan tahap II tersangka pembunuhan satu keluarga di Jalan Tinumbu lorong 166 B, jaksa penuntut umum akan menyusun berkas dakwaannya sebelum dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Makassar. 

Salah satu jaksa penuntut umum, Wicaksono mengungkapkan kedua tersangka akan ditahan selama dua puluh hari di Rutan Klas I Makassar. Penahanan ini bisa bertambah jika berkas dakwaan dari jaksa belum diterima oleh pihak Pengadilan Negeri Makassar. 

"Ada surat dakwaan dan administrasi lainnya yang akan diselesaikan dalam dua puluh hari itu. Kalau belum selesai penahanan bisa bertambah hingga tiga puluh hari,"kata Wicaksono saat diwawancara, Kamis (8/11/2018).

Wicaksono menambahkan tim jaksa sudah memiliki rencana dakwaan (rendak) dalam menyusun berkas dakwaan kedua tersangka. Sebelumnya polisi saat melimpahkan kedua tersangka mengenakan pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana atau pasal 187 ayat 3 KUHP jo. Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP. 

"Jadi kita sudah ada rendak. Tidak jauh dari pasal 340 KUHP," imbuh Wicaksono. 

Sebelumnya dua eksekutor pembakaran yang menewaskan satu keluarga di Jalan Tinumbu lorong 166 B dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri pada Kamis (8/11/2018) sore setelah berkas perkaranya dinyatakan P21 atau lengkap. 

Penyerahan berlangsung di ruang tertutup. Kedua tersangka dikawal beberapa penyidik Satreskrim Polrestabes Malassar. Kedua tersangka ini langsung diterima jaksa penuntut umum Andi Sulkifli Herman. 

Usai pelimpahan, kedua tersangka dengan tenang langsung dimasukkan ke dalam mobil polisi jenis van. Keduanya akan ditahan di rutan Klas IA Makassar hingga berkas dakwaannya selesai disusun jaksa penuntut umum.