Kamis, 08 November 2018 17:46 WITA

Banyak Saksi Tak Hadir karena Ketakutan, Ini Kata Pengacara Hamzah Mamba

Penulis: Himawan
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Banyak Saksi Tak Hadir karena Ketakutan, Ini Kata Pengacara Hamzah Mamba
Suasana sidang kasus Abu Tours. (Foto/Dok)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jaksa penuntut umum dalam perkara penipuan, penggelapan, dan pencucian uang jemaah umrah Abu Tours membeberkan alasan pihaknya gagal mendatangkan beberapa saksi. 

Salah satu JPU Wicaksono mengatakan, sebagian saksi yang telah ditunjuk untuk hadir di sidang yang melibatkan CEO Abu Tours Hamzah Mamba, masih takut. Sebagian saksi lainnya juga masih mempertimbangkan dengan alasan yang sama.

"Banyak yang takut. Ada yang sudah mengiyakan tapi tidak berani untuk bersaksi karena takut dapat ancaman," kata Wicaksono saat ditemui di Kantor Kejaksaan Negeri, Kamis (8/11/2018).

Dalam berkas terdakwa Hamzah Mamba sendiri, ada 82 saksi ditambah tiga saksi ahli yang telah disediakan oleh jaksa penuntut umum untuk memberikan keterangan.

Ketua tim penasihat hukum Hamzah Mamba, Hendro Saryanto mengungkapkan kekecewaannya atas kegagalan jaksa penuntut umum mendatangkan saksi pada persidangan Hamzah Mamba. 

"Kelihatan sekali JPU kurang persiapan ya. Karena minggu lalu 5 orang yang dijanjikan hanya satu yang hadir," ungkap Hendro. 

Menurut Hendro, kebanyakan saksi yang dihadirkan JPU tidak punya kompetensi. Hal ini dikarenakan kebanyakan saksi yang hadir tidak mengenal Hamzah Mamba. 

Apalagi, kata Hendro, permasalahan yang dirasakan saksi hanyalah perkara individu bukan perkara korporasi. 

"Yang jelas kami sangat dirugikan dalam hal ini. Karena kami ingin cepat mendapat kepastian hukum," pungkas Hendro.