Kamis, 08 November 2018 15:29 WITA

Nurdin Abdullah Paparkan Potensi Sulsel di Indonesia Economic Forum

Penulis: Fathul Khair
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Nurdin Abdullah Paparkan Potensi Sulsel di Indonesia Economic Forum
Nurdin Abdullah membuka acara Indonesia Economic Forum di Hotel The Rinra, Makassar, Kamis (8/11/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah membuka acara Indonesia Economic Forum di Hotel The Rinra, Makassar, Kamis (8/11/2019). Dalam kesempatan itu, Nurdin juga menyampaikan sejumlah potensi sumber daya yang dimiliki Sulsel.

Salah satu potensi Sulsel yang harus didorong kata Nurdin, yakni rumput laut. "Kita mau Sulsel jadi produsen rumput laut terbesar di dunia," ujar Nurdin Abdullah.

Nurdin juga memaparkan potensi cokelat di Sulsel. Katanya, Sulsel saat ini sudah loyo produksi cokelatnya. Padahal ditegaskan Nurdin, Sulsel pernah merajai produksi cokelat dunia.

"Saya melihat bahwa sangat besar potensi sumber daya alam kita. Kakao, cokelat. Kita pernah menjadi produsen cokelat ketiga dunia," tambah Nurdin.

Namun kata dia, produksi cokelat Sulsel saat ini turun 100%. Untuk mengembalikan kejayaan itu lagi, dibutuhkan SDM yang mumpuni.

"Kalau kita tidak membuat gerakan cepat mengembalikan kejayaan cokelat, maka cokelat akan jadi sawit. Itu terjadi di Luwu Raya," ujar Nurdin yang genap berusia 55 tahun ini.

Potensi selanjutnya, yakni kopi, cengkeh dan udang. Semuanya menurut Nurdin, harus terus didorong keberadaannya.

"Nah kalau kita mau maju, tiga komponen harus bersinergi. Yaitu dunia usaha, pemerintah dan perguruan tinggi," ujarnya.

Lebih jauh dia menjelaskan,  adanya Indonesia Economic Forum ini, diharapkan membawa manfaat bagi daerah yang ada di Indonesia Timur. Khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan.

"Makanya ini persoalan-persoalan yang ada kita carikan solusi. Kita sampaikan keunggulan kita, soal investasi kita. Karena orang mau kita punya image Sulsel ramah investasi," pungkasnya.