Kamis, 08 November 2018 13:44 WITA

Lukisan Binatang Tertua di Dunia Ditemukan di Gua Kalimantan

Editor: Suriawati
Lukisan Binatang Tertua di Dunia Ditemukan di Gua Kalimantan
Foto: Associated Press

RAKYATKU.COM - Lukisan binatang tertua di dunia telah ditemukan di sebuah gua di Kalimantan. Sketsa itu berupa siluet merah binatang bertanduk, yang terlihat seperti banteng atau sapi liar.

Para ahli memprediksi ukiran itu berusia setidaknya 52.000 tahun, 12.000 tahun lebih tua dari lukisan-lukisan binatang serupa yang ditemukan di gua-gua terkenal di Prancis dan Spanyol.

Sebelum penemuan ini, para ahli percaya bahwa Eropa adalah tempat nenek moyang kita mulai menggambar binatang dan tokoh lainnya.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa seni cadas menyebar dari Kalimantan ke Sulawesi dan dunia baru lainnya di luar Eurasia, mungkin tiba dengan orang-orang pertama yang menjajah Australia," kata Maxime Aubert, seorang arkeolog dan geokimiawan dari Griffith University di Australia.

Gua-gua batu kapur terpencil di Kalimantan telah diketahui mengandung gambar prasejarah sejak tahun 1990-an. Untuk menjangkaunya, Aubert bersama timnya menggunakan parang untuk menembus hutan tebal di sudut pulau.

Setelah itu mereka harus berjalan dan merangkak di dalam gua yang dihiasi ratusan desain kuno.

Mereka perlu menemukan endapan mineral khusus pada gambar untuk menentukan usianya.

"Sebagian besar lukisan sebenarnya tidak bisa kami contoh," kata Aubert.

Selain gambar banteng, yang lebarnya sekitar 1,5 meter, mereka juga melihat ukiran tangan berwarna merah dan ungu serta lukisan aktifitas manusia.

Temuan ini dilaporkan di jurnal Nature.