Selasa, 06 November 2018 23:06 WITA

Bertemu Gubernur, KPU Sulsel Pastikan Kembalikan Dana Hibah Pilgub Rp82 Miliar, Disertai Permintaan

Penulis: Rizal - Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
Bertemu Gubernur, KPU Sulsel Pastikan Kembalikan Dana Hibah Pilgub Rp82 Miliar, Disertai Permintaan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan memastikan telah mengembalikan sisa anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel tahun 2018 lalu. Total yang dikembalikan tersebut mencapai Rp82 miliar.

Sisa anggaran tersebut berasal dari dana hibah Pemprov Sulsel yang mesti dikembalikan ke kas daerah mengingat tahapan Pilgub Sulsel telah berakhir. Pemprov Sulsel sebelumnya menyalurkan anggaran Pilgub kepada KPU melaui naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) tahun 2017. Totalnya mencapai Rp456 miliar.

Kepastian pengembalian sisa anggaran tersebut dilaporkan pihak KPU Sulsel kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat bertemu di Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Selasa (6/11/2018).

"Kita melaporkan bahwa ada pengembalian uang dari KPU sebesar Rp82 miliar. Kita juga meminta dukungan kepada Pemprov untuk menyukseskan Pemilu 2019 mulai dari pemutakhiran data, tahapan kampanye, distribusi logistik, termasuk bagaimana kita mendorong kaum muda sebagai pemilih untuk memperkuat instrumen demokrasi bangsa ini. Kita mau bagaimana pemerintah juga melakukan intervensi sesuai dengan cara mereka agar Pemilu 2019 itu bisa berjalan dengan sukses," ungkap Komisioner KPU Sulsel, Syarifuddin Jurdi kepada Rakyatku.com, Selasa (6/11/2018).

Namun, pengembalian sisa dana hibah Pilgub tersebut disertai permintaan dari KPU Sulsel kepada Pemprov Sulsel. Syarifuddin membeberkan pihaknya meminta agar Kantor KPU Sulsel di Jalan AP Pettarani Makassar direnovasi agar lebih representatif. Hal ini dilakukan guna menunjang kerja-kerja kepemiluan menyongsong Pemilu 2019.

"Ini sekaligus juga kita meminta Pemprov untuk memperbaiki kantor. Alhamdulillah, Pak Gubernur memberikan apresiasi dan respon yang sangat positif untuk melakukan semacam renovasi nantinya," pungkas akademisi UIN Alauddin Makassar ini.

Rombongan KPU Sulsel yang menyambangi kantor gubernur masing-masing Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas didampingi tiga orang komisioner, yakni Syarifuddin Jurdi, Uslimin, serta Upi Hastati. Rombongan KPU Sulsel diterima langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.