Selasa, 06 November 2018 14:10 WITA

Bupati Cantik Anna Sophanah Mendadak Mengundurkan Diri, Ini Penyebabnya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bupati Cantik Anna Sophanah Mendadak Mengundurkan Diri, Ini Penyebabnya
Bupati Indramayu, Anna Sophanah. Ist

RAKYAKU.COM - Bupati Indramayu, Anna Sophanah secara mengejutkan mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku sudah menerima surat pengajuan pengunduran diri tersebut.

"Sudah terima, namanya orang mengundurkan diri, artinya sudah merasa tidak memungkinan berada di posisi itu. Saya kira nanti di-follow up," kata Ridwan Kamil.

Menurut Ridwal Kamil, alasan Anna Sophana mundur sebagai Bupati Indramayu karena yang bersangkutan ingin fokus mengurus keluarganya. 

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga.Jadi bukan urusan kedinasan, ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ujarnya. 

Diketahui sesuai Pasal 78 ayat (1) UU Pemda, kepala daerah berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau, diberhentikan

Ridwan Kamil mengatakan, jika Anna telah resmi berhenti sebagai bupati, maka wakilnya yakni Supendi yang akan menggantikan posisi orang nomor satu di Kabupaten Indramayu tersebut.

"Wakilnya yang menggantikan dan meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," bebernya dilansir laman Kumparan.

Sekadar diketahui, Anna dilantik sebagai Bupati bersama Supendi sebagai Wakil Bupati Indramayu untuk masa bakti 2016-2021 pada 17 Februari 2016 lalu. Artinya pengunduran diri itu diajukan 2 tahun 8 bulan setelah ia menjabat. 

Anna merupakan istri bupati periode sebelumnya Irianto MS Syaifuddin atau dikenal dengan panggilan Yance. Yance sempat ditahan di Lapas Indramayu karena bersalah kasus korupsi dan divonis 4 tahun. Ia dikabarkan sudah bebas bersyarat belum lama ini. 

Berita Terkait