Jumat, 02 November 2018 08:30 WITA

Buruh Tak Puas UMP Sulsel 2019, Apindo: Keputusan Pemprov Sudah Sangat Tepat

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Abu Asyraf
Buruh Tak Puas UMP Sulsel 2019, Apindo: Keputusan Pemprov Sudah Sangat Tepat
Ketua Apindo Sulsel, Latunreng.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Selatan (Sulsel), Latunreng mengaku menerima nilai Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditetapkan pemerintah.

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel, Kamis (1/11/2018) kemarin, resmi mengumumkan penetapan kenaikan UMP 2019 naik menjadi Rp2.860.382.

"Pada saat rapat, kami dari dunia usaha sejak awal sudah menyatakan menghormati PP Nomor 78 Tahun 2015 (tentang Pengupahan dan Tingkat Inflasi Nasional dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional). Sehingga jelas bahwa kami akan mengikuti aturan yang terdapat dalam PP itu," kata Latunreng pada Rakyatku.com.

Latunreng menilai, keputusan Pemprov Sulsel untuk mengikuti peraturan pemerintah perihal angka kenaikan UMP sebesar 8,03 persen, sudah sangat tepat.

Loading...

Pasalnya dalam aturan tersebut, jelas dikatakan bahwa pemerintah daerah dalam hal ini gubernur, berkewajiban menetapkan UMP berdasarkan pertumbuhan ekonomi nasional dan inflasi nasional, bukan Sulsel.

"Kalau mengikuti PP Nomor 78 Tahun 2015, kami tidak akan mengelak. Walaupun kenaikan ini sudah cukup membuat pengusaha merintih. Tapi, kami akan berteriak besar jika ada sikap Pemprov yang di atas (tidak sesuai) aturan tersebut," ungkap Lantunreng.

Olehnya, Latunreng mewakili Apindo, mengaku bersyukur karena Pemprov Sulsel dapat memahami dan mengerti persoalan yang tengah dihadapi segenap pengusaha.

Loading...
Loading...