Kamis, 01 November 2018 12:19 WITA

Radar Kuantum China Diklaim Bisa Deteksi Jet Tempur Dari Jarak 100 Km

Editor: Suriawati
Radar Kuantum China Diklaim Bisa Deteksi Jet Tempur Dari Jarak 100 Km
Peralatan radar mobile Cina dipajang di Beijing pada tahun 2013

RAKYATKU.COM - Sebuah perusahaan China mengklaim telah berhasil mengembangkan radar kuantum yang dapat mendeteksi jet tempur siluman dari jarak jauh.

Radar itu disebut-sebut mampu mendeteksi dan melacak target lebih dari 100 kilometer di siang hari dan di atas laut/

Peralatan canggih ini diharapkan menjadi senjata ampuh melawan pesawat siluman siluman AS, seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning. 

Radar kuantum China didasarkan pada teknologi pendeteksi foton tunggal dan dikembangkan oleh Institut Riset ke 14 dari China Electronics Technology Group Corporation yang berbasis di Nanjing. 

Sebuah prototipe dibangun pada tahun 2016 dan para peneliti telah menjalankan eksperimen dalam dua tahun terakhir. 

Menurut China Science and Technology Daily, tim peneliti baru-baru ini menyelesaikan eksperimen jarak jauh dengan prototipe radar di dataran tinggi di barat laut China, menandai terobosan besar proyek tersebut.

Radar itu sekarang sedang menjalani tes lebih lanjut dan akan memiliki fitur anti-siluman yang lebih baik di masa depan.

Sun Jun, seorang insinyur senior yang terlibat dalam penelitian mengatakan bahwa radar kuantum sangat dapat diandalkan, akurat dan layak dalam 'lingkungan elektromagnetik canggih'.

Namun beberapa ahli telah meragukan proyek radar kuantum tersebut. Fisikawan China Ma Xiaosong misalhnya. Dia telah menyuarakan skeptis atas klaim bahwa radar kuantum akan dapat mendeteksi pesawat siluman sejauh 100 kilometer.

Dia juga mempertanyakan apakah radar kuantum akan berfungsi di lingkungan non-laboratorium, yaitu di kehidupan nyata.

Tags