Rabu, 31 Oktober 2018 16:27 WITA

AS Serukan Arab Saudi untuk Pulihkan Blokade Qatar

Editor: Suriawati
AS Serukan Arab Saudi untuk Pulihkan Blokade Qatar
Putra Mahkot Arab Saudi dan Donald Trump

RAKYATKU.COM - Di tengah tekanan internasional terhadap Arab Saudi atas pembunuhan Jamal Khashoggi, Amerika Serikat menuntut agar Kerajaan Salman berbaik hati terhadap Qatar.

Bloomberg melaporkan, tiga pejabat AS menjelaskan bahwa AS telah meningkatkan tekanan pada kerajaan untuk mengakhiri isolasi politik dan ekonomi Qatar yang sedang berlangsung.

Riyadh diperingatkan bahwa mereka berpotensi menghadapi isolasi seperti itu sendiri, karena kemarahan internasional terus berkembang sejak pembunuhan Khashoggi di dalam konsulat Istanbul 2 Oktober.

Pada bulan Juni 2017, Arab Saudi memimpin blokade ekonomi dan diplomatik terhadap Qatar.

Loading...

Tapi langkah itu membuat canggung sekutu Barat dari kedua negara seperti Amerika Serikat, karena Qatar merupakan tuan rumah pangkalan militer AS Timur Tengah, dan sekitar 11.000 personel militer AS bermarkas di negara itu.

Mengingat hubungan ekonomi dan militer Washington yang erat dengan kedua negara, pemulihan hubungan kedua negara telah menjadi prioritas bagi Gedung Putih, dan sekarang mereka tampaknya menggunakan protes internasional untuk menekan Riyadh memulihkan hubungan dengan Qatar.

Loading...
Loading...