Selasa, 30 Oktober 2018 21:24 WITA

DMI Segera Bangun 30 Masjid di Palu

Penulis: Azwar Basir
Editor: Fathul Khair Akmal
DMI Segera Bangun 30 Masjid di Palu
Material masjid yang dikirim ke Kota Palu, Sulteng.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) perihatin dengan korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), yang salat di masjid-masjid darurat yang terbuat dari bahan seadanya.  

Untuk itu, DMI segera membangun 100 buah masjid semi permanen di daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami di Sulteng. Pembangunan masjid terbagi dalam dua tahap, tahap pertama sebanyak 30 buah dan tahap kedua sebanyak 70 buah.

Koordinator pembangunan masjid, Yadi Jentak, mengatakan, meski masjid yang akan dibangun hanya bersifat semi permanen, namun kualitasnya tidak akan kalah dengan masjid permanen karena akan menggunakan bahan-bahan kualitas terbaik. 

“Kami akan membangun masjid menggunakan baja ringan dan spandek. Bahan-bahan tersebut kami beli di Makassar dan akan kami bawa ke Sulteng mulai hari ini. Kami sengaja membeli bahan di Makassar agar cepat tiba di Sulteng,” kata Yadi.

Ia menambahkan, masjid ini akan dilengkapi dengan karpet agar jemaah lebih khusyu saat salat. Masjid ini juga akan dilengkapi dengan sound system. 

Yadi menambahkan, atas arahan Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen Pol Syafruddin, pada tahap pertama akan dibangun masjid ukuran 10x10 meter sebanyak 10 buah dan ukuran 10x15 meter sebanyak 20 buah.

“Sekarang sudah mulai masuk musim penghujan, karenanya kita harus bergerak cepat membangun masjid semi permanen, agar mereka tidak kebasahan saat salat,” ujarnya.