Selasa, 30 Oktober 2018 19:43 WITA

Perusahaan Selandia Baru Bakal Kurangi Hari Kerja Jadi 4 Hari

Editor: Suriawati
Perusahaan Selandia Baru Bakal Kurangi Hari Kerja Jadi 4 Hari
Andrew Barnes (kiri)

RAKYATKU.COM - Sebuah perusahaan Selandia Baru mengumumkan akan mengadopsi empat hari kerja dalam seminggu.

Perpetual Guardian, sebuah perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Auckland mengambil langkah itu setelah melakukan uji coba selama bulan Maret dan April tahun ini, dan terbukti sukses.

Uji coba itu terbukti memberikan keuntungan pada perusahaan, meski ada pengurangan hari kerja.

Menurut panel akademisi yang melakukan percobaan pada karyawan Perpetual Guardian, para pekerja menunjukkan tingkat stres yang lebih rendah, tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dan peningkatan keseimbangan kerja dan kehidupan setelah hari kerjanya dikurangi.

Hasil percobaan juga menunjukkan bahwa tingkat stres staf menurun sebanyak tujuh poin, sementara stimulasi, komitmen dan rasa pemberdayaan di tempat kerja semuanya meningkat secara signifikan, dan kepuasan hidup secara keseluruhan meningkat sebesar lima poin persentase. 

Pendiri perusahaan, Andrew Barnes mengatakan bahwa 'tidak ada kerugian' terhadap sistem barunya.

"Bagi kami, ini adalah tentang mendapatkan peningkatan produktivitas dari efisiensi tempat kerja yang lebih besar ... tidak ada kerugian bagi kami," kata Barnes. 

Loading...

"Sikap yang benar adalah persyaratan untuk membuatnya bekerja - setiap orang harus berkomitmen dan menganggapnya serius untuk menciptakan model jangka panjang yang layak untuk bisnis kami."

Barnes mengatakan bahwa percobaan itu memiliki implikasi potensial untuk segala hal mulai dari keseimbangan kerja atau kehidupan, sampai kesenjangan gaji gender dan kesejahteraan mental pekerja. 

Dia mengatakan ini bisa memotivasi karyawan untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih baik dalam periode waktu yang lebih singkat.

Kini, sebanyak 250 staf perusahaan akan mendapatkan hari libur ekstra.

Para pekerja sekarang akan diberikan pilihan untuk memilih skema baru itu, atau meloknya. Mereka yang memilih untuk tetap pada struktur lima hari diberikan manfaat lain seperti jam kerja yang lebih pendek.

Loading...
Loading...