Selasa, 30 Oktober 2018 14:32 WITA

Menteri BUMN Tinjau Kelayakan Huntara di Sigi

Penulis: M. Qadri
Editor: Nur Hidayat Said
Menteri BUMN Tinjau Kelayakan Huntara di Sigi

RAKYATKU.COM, SIGI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, meninjau langsung kelayakan pembangunan rumah Hunian Sementara (Huntara) di sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (30/10/2018). 

Kabupaten Sigi merupakan salah satu wilayah yang terdampak bencana alam terjadinya gempa dan likuefaksi.

Tercatat di wilayah Kabupaten Sigi, permukiman warga, infrastruktur perkantoran, dan sekolah hingga rumah ibadah rusak parah akibat gempa dan tenggelam oleh lumpur akibat likuefaksi.

Menyikapi hal tersebut, BUMN memberikan bantuan rumah Huntara untuk para korban, yang saat ini mendirikan kemah pengungsian di Desa Lolu, Kecamatan Biromaru dan Desa Sibalaya, Kecamatan Tanambulava, Kabupaten Sigi.

“Kedatangan keempat saya di Sulteng, untuk meninjauan langsung kelayakan rumah Huntara yang telah dibangun, karena Huntara ini sendiri tujuannya untuk bisa menghindari penyakit atapun virus buat para korban bencana alam, sehingga kami membuat kenyamanan yang pas untuk korban,” tutur Rini Soemarno.

Menurut Rini, pihaknya telah menyediakan 300 unit Huntara dan atas permintaan dari Pemerintah Daerah Sigi akan adanya ketambahan menjadi 600 unit. Namun, dengan melihat kondisi di lapangan, besar kemungkinan akan bertambah menjadi 1.100 unit rumah Huntara.

Selain itu, peninjauan juga dilakukan pada pembangunan fasilitas umum dan fasilitas lain di sekitar hunian penduduk seperti pembangunan mandi, cuci, dan kakus (MCK), sumur bor dan tandon air, pembangunan fasilitas olahraga dan sekolah sementara dekat dengan tempat tinggal penduduk.