Senin, 29 Oktober 2018 19:27 WITA

Generasi Muda Masih Belum Tertarik Jadi Petani Kakao

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Generasi Muda Masih Belum Tertarik Jadi Petani Kakao
Minat generasi muda atau kaum milenial untuk menjadi petani kakao masih sangat rendah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua Asosiasi Kakao Nasional (Askindo), Arie Nauvel Iskandar, mengungkapkan minat generasi muda atau kaum milenial untuk menjadi petani kakao masih sangat rendah.

Hal itu dibuktikan dengan sensus pertanian, yang menunjukkan adanya penurunan jumlah cukup dratis, yakni 16,3 persen selama sepuluh tahun.

Diketahui, jumlah petani pada 2003 mencapai 31,23 juta Rumah Tangga Petani (RTP). Namun, pada 2013 turun menjadi 26,13 juta RTP.

"Dalam data BPS (Badan Pusat Statistik) juga menunjukkan, hanya 12 persen dari total petani yang berusia di bawah 35 tahun. Sedangkan sisanya merupakan petani tua berusia di atas 45 tahun," ungkap Arie kepada Rakyatku.com melalui sambungan telepon, Senin (29/10/2018).

Loading...

Sementara data lain, lanjut Arie, menunjukkan hanya tiga persen dari anak petani yang melanjutkan kiprah orang tuanya sebagai petani. Khusus di bidang perkebunan kakao, data menunjukkan hanya 16 persen petani yang aktif mengelola kebunnya. 

"Jumlah ini akan menjadi lebih meresahkan, jika menambahkan data petani yang berusia di atas 55 tahun yang mencapai 23 persen," ujarnya.

Membaca kondisi ini, Askindo kemudian memberikan program guna meningkatkan daya tarik kepada pemuda untuk masuk ke wilayah pertanian.

Loading...
Loading...