Minggu, 28 Oktober 2018 18:13 WITA

Hak Pilih Pengungsi Korban Gempa dan Tsunami Sulteng di Sulsel Dijamin Tak Hilang

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Hak Pilih Pengungsi Korban Gempa dan Tsunami Sulteng di Sulsel Dijamin Tak Hilang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hak pilih para pengungsi korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ada di Sulsel dipastikan tak hilang. Mekanisme yang ada tetap menjamin hak pilih mereka.

Komisioner KPU Kota Makassar, Rahma Saiyed, mengungkapkan salah satu mekanisme yang paling memungkinkan untuk mengakomodasi hak pilih para korban tersebut adalah penggunaan surat A5 atau keterangan pemilih pindahan.

"Kalau arahan KPU Provinsi, mereka bisa masuk dalam kategori daftar pemilih pindahan (A5), karena bisa jadi mereka sudah masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) di Palu," kata Rahma, Minggu (28/10/2018).

Dengan menggunakan surat keterangan A5, para pengungsi itu tetap bisa menyalurkan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang, andai masih tetap tinggal di wilayah Sulsel saat pemungutan suara berlangsung. Namun, surat keterangan hanya bisa dipergunakan khusus untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres). Sementara untuk Pemilihan legislatif (Pileg) yang dihelat bersamaan dengan Pilpres 2019 tak bisa dipergunakan. 

Namun, menurut Rahma, jika penggunaan surat keterangan A5 tersebut diizinkan, maka akan menyisakan satu masalah pokok, yakni ketersediaan surat suara.

"Jika kami urus surat pindahnya, maka akan berdampak pada surat suara," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya masih menunggu surat imbauan langsung dari KPU RI terkait mekanisme penanganan pengungsi tersebut. Apalagi, menurut Rahma, Makassar menjadi salah satu tujuan pengungsi korban bencana Sulteng yang cukup besar. 

"Intinya, kita masih akan konsultasi. Karena sampai saat ini, belum ada petunjuk (langsung dari KPU RI)," tutupnya.