Sabtu, 27 Oktober 2018 14:47 WITA

1 November, Pemprov Sulsel Umumkan Kenaikan UMP

Penulis: Fathul Khair
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
1 November, Pemprov Sulsel Umumkan Kenaikan UMP
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan mengumumkan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) pada 1 November 2018. Pengumuman resminya akan dilakukan langsung oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

"Kita upayakan diumumkan 1 November," kata Kadisnakertrans Sulsel, Agustinus Appang kepada Rakyatku.com, Sabtu (27/10/2018).

Namun sebelumnya kata Agustinus, Nurdin Abdullah akan lebih dahulu menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kenaikan UMP Sulsel, pada Senin (29/10/2018).

"Kita coba-coba jadwalkan penandatangan Pergub itu hari Senin, mudah-mudahan teman-teman setuju," lanjut Agustinus.

Ia belum bisa memastikan berapa kenaikan UMP Sulsel tahun depan. Yang jelas kata Agustinus, Pemprov Sulsel tetap akan berpedoman pada Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tentang Pengupahan, yaitu menaikan UMP sebesar 8,03 persen.

loading...

"Kita tidak ada pilihan lain, harus sesuai itu. Tapi kita lihat perkembangan proses dewan itu," ujarnya.

Meskipun dia tidak memungkiri, akan ada aspirasi dari kelompok buruh, terkait kenaikan UMP Sulsel tahun depan. Namun menurutnya, hal itu hanya sebatas rekomendasi saja.

"Kalau ada rekomendasi seperti itu, pada akhirnya juga tidak akan berlaku, karena melanggar aturan. Karena ketentuan di bawah kalau bertentangan dengan aturan induknya, maka dengan sendirinya dia tidak akan berlaku," pungkasnya.

Loading...
Loading...