Jumat, 26 Oktober 2018 08:50 WITA

Kawal Kasus Lonsum, Andi Mariattang Temui Wakil Bupati Bulukumba

Penulis: Rahmatullah
Editor: Abu Asyraf
Kawal Kasus Lonsum, Andi Mariattang Temui Wakil Bupati Bulukumba
Anggota DPR RI Andi Mariattang bertemu Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, Kamis (25/10/2018).

RAKYATKU.COM,BULUKUMBA - Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto menerima kunjungan anggota Komisi II DPR RI Andi Mariattang di ruang kerjanya, Kamis (25/10/2018).

Kunjungan anggota DPR Fraksi PPP ini ke Pemkab Bulukumba dalam rangka membahas permasalahan PT Lonsum yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Khususnya tuntutan warga untuk ukur ulang batas Hak Guna Usaha (HGU) PT Lonsum. 

Sebagai anggota Komisi II yang bermitra Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Dalam Negeri, Andi Mariattang mengaku fokus mengawal sengketa lahan yang melibatkan warga, komunitas adat dengan pihak PT Lonsum. Apalagi saat ini, kata dia, terjadi pendudukan kelompok warga di sekitar area perkebunan karet. 

"Ini (kasus Lonsum) bagian dari tanggung jawab saya di Komisi II untuk Dapil saya agar dikawal dan diperjuangkan sehingga permasalahan ini bisa segera tuntas," ungkapnya.

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto yang didampingi Asisten II Djunaedi Abdillah mengapresiasi upaya Andi Mariattang yang akan mengawal permasalahan PT Lonsum.  

Menurutnya upaya menyelesaikan kasus Lonsum sudah menemukan momentumnya dengan rencana perpanjangan kontrak PT Lonsum pada tahun 2023 mendatang.

Saat ini, kata Tomy, Kemendagri sudah memfasilitasi upaya tersebut dengan melibatkan semua pihak. Salah satu poin dalam hasil rapat di Kemendagri beberapa waktu yang lalu adalah bahwa tidak akan ada perpanjangan kontrak sebelum ada pengukuran ulang. 

Loading...

"Proses saat ini, menunggu terbentuknya tim kecil yang akan bekerja dalam setiap tahapan. Pemkab Bulukumba sudah mengirimkan nama ke Kemendagri untuk ditetapkan," beber Tomy. 

Wabup meminta semua pihak untuk menghormati proses yang sudah berjalan tersebut dan menahan diri agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak atau menghambat proses yang sudah berjalan.

"Tentu kami minta bantuannya, agar proses ini juga dikawal di DPR RI," pinta Tomy kepada Andi Mari yang sama-sama alumni Fisip Unhas. 

Andi Maroattang mengaku sudah menyampaikan langsung sengketa lahan Lonsum ini kepada Menteri ATR BPN Sofyan Djalil dalam rapat komisi beberapa waktu yang lalu. Menurutnya Sofyan Djalil akan memberikan perhatian. 

Usai bertemu Tomy, Andi Mari melanjutkan kunjungan untuk bertemu dan berdialog dengan warga dan komunitas adat yang melakukan pendudukan di beberapa titik wilayah perkebunan karet.

Loading...
Loading...