Kamis, 25 Oktober 2018 23:59 WITA

Ini Penyebab Jadwal Tes SKD CPNS Sejumlah Instansi Belum Diumumkan

Penulis: Fathul Khair
Editor: Adil Patawai Anar
Ini Penyebab Jadwal Tes SKD CPNS Sejumlah Instansi Belum Diumumkan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sejumlah instansi belum mengumumkan jadwal tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) CPNS. Belum diumumkannya jadwal SKD ini, banyak dikeluhkan para peserta tes CPNS di Sulsel.

Baru Kemenkumham yang akan menggelar tes SKD bagi peserta CPNS, mulai Jumat (26/10/2018) besok. Selebihnya, masih menunggu pengumuman BKN pusat.

Kepala BKN Regional IV Makassar, Sayadi mengungkapkan, belum keluarnya jadwal tes SKD sejumlah instansi, sebab proses verifikasi berkas belum rampung.

"Jadwal SKD-nya itu tergantung hasil verifikasi berkas dari daerah. Kesigapan dari daerah melakukan verifikasi berkas, lengkap atau tidak," kata Sayadi saat ditemui Rakyatku.com di kantor RRI Makasar, Kamis (25/10/2018) malam.

Kata Sayadi, BKN pusat yang akan mengeluarkan jadwal tes SKD bagi pelamar CPNS. Makanya, bukan hanya di Sulsel, di seluruh Indonesia, jadwal tes SKD sejumlah instansi juga belum keluar.

"Kalau sudah diumumkan (hasil verifikasi berkas) baru bisa ditarik datanya, dan baru penjadwalan memang. Kenapa Kemenkumham cepat, karena proses verifikasinya cepat. Jadi tergantung instansinya," lanjut Sayadi.

Namun Sayadi menyatakan, bagi pelamar CPNS, tidak usah khawatir atas belum diumumkan jadwal tes SKD instansi lain. Ia mengimbau, bagi pelamar untuk memantau jadwal tersebut di website instansi tempat pelamar mendaftar, maupun di website BKN.

"Jadi kita di Makassar ini belum bisa juga memastikan jadwalnya kapan. Meskipun di daerah-daerah lain juga banyak mempertanyakan itu," pungkasnya.