Rabu, 24 Oktober 2018 12:57 WITA

BMKG Makassar: Disertai Angin Kencang, Musim Hujan Masuk November

Penulis: Wahyu Susanto S
Editor: Nur Hidayat Said
BMKG Makassar: Disertai Angin Kencang, Musim Hujan Masuk November
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan musim hujan di Kota Makassar sebentar lagi bakal datang.

Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan, dari hasil pantauan BMKG Makassar, hujan di Kota Makassar kemungkinan akan turun pada November mendatang.

"Musim hujan diperkirakan masuk di pekan pertama di bulan November ini," ungkap Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Joharman, saat dikonfirmasi Rakyatku.com via telepon, Rabu (24/10/2018).

Joharman menjelaskan, intensitas hujan yang turun pada pekan pertama November, kemungkinan tidak terlalu besar. Akan tetapi, akan disertai angin kencang.

Itu dikarenakan adanya pertemuan antara musim kemarau ke musim penghujan yang disebut pancaroba. Peristiwa pancaroba setiap tahunnya terjadi baik memasuki musim hujan maupun kemarau.

"Kalau baru masuk musim hujan biasanya tidak terlalu besar intensitasnya. Tapi akan disertai angin karena sudah masuk musim pancaroba dengan pertemuan musim kemarau dan hujan. Jadi akan disertai angin," jelasnya.

Olehnya, ia meminta masyarakat di Kota Makassar tetap waspada jelang pergantian musim. "Kemudian di daerah juga tetap waspada dengan bencana alam yang tidak bisa diprediksi di musim hujan seperti tanah longsor," pungkasnya.