Selasa, 23 Oktober 2018 20:28 WITA

PBB: Larangan Niqab Prancis Langgar HAM

Editor: Suriawati
PBB: Larangan Niqab Prancis Langgar HAM
INT

RAKYATKU.COM - Larangan Prancis terhadap niqab dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia oleh Komite Hak Asasi Manusia PBB.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (23/10/2018) komite itu memerintahkan Prancis untuk meninjau kembali undang-undang.

Sebuah panel ahli independen yang mengawasi kepatuhan negara-negara, Kovenan Internasional tentang Hak-hak Sipil dan Politik (ICCPR) mengatakan bahwa Prancis memiliki 180 hari untuk melaporkan kembali, dan mengatakan tindakan apa yang telah diambilnya.

Keputusan yang diambil ICCPR tidak mengikat secara hukum, tapi di bawah protokol opsional dari perjanjian tersebut, Prancis memiliki kewajiban hukum internasional untuk mematuhinya dengan itikad baik.

Undang-undang tahun 2010 di Prancis menetapkan bahwa "tidak seorang pun boleh memakai pakaian apa pun yang dimaksudkan untuk menutupi wajah di ruang publik."

Loading...

Berita itu muncul setelah dua wanita Prancis yang dihukum pada 2012 karena mengenakan niqab, mengajukan keluhan.

Komite mengatakan bahwa larangan tersebut secara tidak proporsional merugikan hak mereka untuk memanifestasikan keyakinan agama mereka dan dapat menyebabkan mereka terkurung di rumah dan terpinggirkan.

ICCPR juga memerintahkan Prancis untuk membayar kompensasi kepada dua wanita itu.

Tags
Loading...
Loading...