Selasa, 23 Oktober 2018 15:28 WITA

Gerakan Amal PFI Makassar untuk Bencana Sulteng

Penulis: Syukur
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Gerakan Amal PFI Makassar untuk Bencana Sulteng

RAKYATKU.COM - Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar, menggelar lelang foto secara daring (online). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggalang dana untuk korban bencana alam di Sulteng.

Tim lelang foto, Iqbal Lubis mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengumpulan foto-foto, baik yang ada di Makassar maupun yang berangkat ke Palu, Sigi dan Donggala untuk memotret peristiwa kemanusiaan disana. 

"Seluruh hasil penjualan lelang foto akan didonasikan untuk kebutuhan, pemulihan tempat tinggal korban gempa tsunami dan likuifaksi di Sulteng melalui lembaga atau organisasi terkait," kata Iqbal.

Lelang foto secara online akan diselenggarakan 5 November 2018 mendatang. Seluruh foto yang dilelang merupakan hasil karya Foto PFI Makassar maupun fotografer. Namun bagi yang ingin menyetorkan fotonya, juga diperbolehkan.

"Kami berharap para donatur, dermawan maupun masyarakat yang mampu menyisihkan sedikit hartanya bagi korban dengan membeli foto-foto tersebut," tambahnya.

Untuk lelang foto ini, panitia hanya memberikan foto hard copy atau dalam bentuk cetak kepada pemenang lelang, dan pemenang lelang tidak berhak memiliki soft file foto tersebut.

loading...

"Bagi fotografer yang ingin melelang fotonya, menyiapkan foto dengan standar layak beli, tidak mengandung unsur kekerasan, SARA ataupun rasis. Tema dan kategori foto yang mau dilelang bebas serta  menyiapkan soft file foto, ukuran 16R sama dengan 40 x 50 centimeter dengan resolusi minimal 300dpi. Untuk ukuran besaran file maksimal 2 MB. Menyiapkan soft file ukuran kecil untuk instagram. Foto yang diserahkan nantinya kepada pemenang lelang dalam bentuk cetak tidak dalam bentuk soft file, jadi kepemilikan foto tetap pada fotografernya," ungkapnya.

PFI atau masyarakat yang ingin ikut serta dapat kirim foto melalui email panitia lelang Foto Amal Online di alamat lelangfotoamalonline@gmail.com. Subject, nama asli-Judul- Lokasi-nomor ponsel. Setiap fotografer maksimal mengirimkan lima karya foto.

Setiap foto harus diberikan nilai lelang atau nilai minimal misalnya Rp1 juta atau diatasnya saat pengiriman foto. Foto paling lambat dikirimkan ke pantia lelang tanggal 27 November 2018. Semua foto yang dilelang copyright akan dicantumkan nama fotogrfer saat dicetak.

"Bagi foto yang tidak laku atau tidak ada peminat akan dikembalikan ke fotogfernya. Dan setiap foto yang laku saat lelang akan dicetak 16 RW-20 RW namun tergantung kesepakatan fotografer dan pemenang lelang. Editing foto bebas tergantung sang pemotret maupun untuk digital imaging dipersilahkan," tukasnya.
 

Loading...
Loading...