Senin, 22 Oktober 2018 17:18 WITA

Guru Honorer di Bone Mogok Mengajar, Ketua PGRI Bone: Semestinya Mereka Diberi Penghargaan

Penulis: Herman
Editor: Nur Hidayat Said
Guru Honorer di Bone Mogok Mengajar, Ketua PGRI Bone: Semestinya Mereka Diberi Penghargaan
Ketua PGRI Bone, Ambo Dalle.

RAKYATKU.COM, BONE - Sudah sepekan terakhir sejumlah guru honorer di Kabupaten Bone mogok mengajar.

Aksi mogok mengajar ini dilakukan oleh para guru honorer karena kecewa dengan keputusan pemerintah terkait tidak terakomodasinya tenaga pendidik yang berumur di atas 35 tahun dalam pelaksaan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipili (CPNS) tahun 2018.

Ketua Ikatan Guru Honor Indonesia (IGHI) Kabupaten Bone, Andi Arpinas, yang ditemui mengatakan aksi ini mogok mengajar ini sudah dilakukan sejak 15 Oktober lalu dan akan berlangsung hingga 31 oktober mendatang.

"Mogok mengajar ini sudah berlangsung pasca kami melakukan aksi pada tanggal 15 lalu. Aksi ini dilakukan agar pemerintah serius memperhatikan kami para guru honor yang telah mengabdi selama puluhan tahun namun nasib kami ke depan belum ada kejelasan. Sementara diketahui untuk di Bone para guru honorlah yang menghidupkan sekolah-sekolah," kata Andi Arpinas, Senin (22/10/2018).

Ketua Persatuan Guru Republik Indonsia (PGRI) Bone, Ambo Dalle, menanggapi serius terkait aksi mogok mengajar ini. Ia pun mengundang para guru honorer untuk datang ke ruangannya dan mencarikan solusi.

Loading...

"Kalau ada perjuangan berkaitan dengan aksi ini tidak boleh berhenti, karena mereka inilah yang telah mengabdi selam puluhan tahun. Sebenarnya pemerintah harus memberikan penghargaan, terutama ada peluang menjadi CPNS. Semestinya yang idealnya tidak dibatasi usianya," kata Ambo Dalle yang juga merupakan Wakil Bupati Bone.

"Untuk itu sebagai pemerintah daerah atau sebagai orang yang pernah menjadi guru merasa solidaritas ada rasa empati untuk mereka. Dan perjuangan kami tidak berhenti sampai di sini," pungkasnya.

Sekadar diketahui, jumlah guru honorer Bone berjumlah lebih dari 7.000 orang. Tergabung di IGHI Bone 1432 orang termasuk honorer K2 sebanyak 400 orang. Dan, guru di bawah 35 tahun berjumlah 700 orang yang tergabung di semua instansi.

Loading...
Loading...