Senin, 22 Oktober 2018 13:25 WITA

Khawatir Ada Saksi Palsu, Agen dan Jemaah Abu Tours Datangi PN

Penulis: Himawan
Editor: Nur Hidayat Said
Khawatir Ada Saksi Palsu, Agen dan Jemaah Abu Tours Datangi PN

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Para agen dan jemaah korban penipuan Abu Tours kembali memenuhi kantor Pengadilan Negeri Makassar di Jalan Kartini, Kecamatan Makassar, Senin (22/10/2018).

Kedatangan mereka untuk mengawal persidangan bos Abu Tours, Hamzah Mamba dalam perkara penipuan, penggelapan, dan pencucian uang yang telah memasuki pemeriksaan keterangan saksi. Para korban ini mulai khawatir dengan saksi yang dihadirkan jaksa lebih meringankan Hamzah Mamba.

"Untuk mencegah banyak saksi palsu yang dibuat-buat, untuk itu kita perlu mengawal keterangan saksi yang sebenarnya," kata Anugrah Yasin yang juga merupakan agen dari Abu Tours.

Dari empat saksi awal yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum di persidangan beberapa waktu sebelumnya, para korban Abu Tours merasa tidak ada yang memberatkan Hamzah Mamba.

Bahkan pengacara Hamzah Mamba, Hendro Saryanto menemukan sejumlah kejanggalan dari pelaporan penggelapan Abu Tours di kepolisian. Misalnya, adanya jemaah yang melapor telah ditipi oleh Abu Tours padahal jadwal keberangkatannya belum ditetapkan.

"Itu jemaahnya pemberangkatannya Januari-Februari 2018, (sedangkan) laporannya itu tanggal 13 Februari. Apa yang dilaporkan? Penipuan? Penggelapan? TPPU? Ini prematur, belum ada kejadian kok sudah ada laporan," kata Hendro kala itu.