Minggu, 21 Oktober 2018 20:02 WITA

Bupati Asal Gerindra Dukung Jokowi di Pilpres? Ini Pernyataan Aslinya

Editor: Abu Asyraf
Bupati Asal Gerindra Dukung Jokowi di Pilpres? Ini Pernyataan Aslinya
Bupati Bantul Suharsono bersama Presiden Jokowi dalam sebuah kesempatan.

RAKYATKU.COM - Bupati Bantul Suharsono dikabarkan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019. Padahal, dia saat ini menjabat ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra setempat. Benarkah?

Pernyataan itu disampaikan Suharsono kepada wartawan di rumah jabarannya, Minggu (21/10/2018). Dia menyatakan loyal kepada Presiden Jokowi. Tak hanya itu, dia juga menegaskan tak setuju dengan gerakan #2019GantiPresiden.

"Calon presiden kedua-duanya bagus. Pak Jokowi dan Pak Prabowo juga bagus. Walaupun saya dari Partai Gerindra, saya tidak mau 2019 ganti presiden," ujar Suharsono.

Ketua Badan Pemenangan Prabowo-Sandi di DIY, Dharma Setiawan akhirnya angkat bicara. Dia bilang, kata loyal yang dimaksud bukan berarti kader Partai Gerindra itu mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

"Sebagai bupati beliau harus loyal kepada presiden. Sebagai bukti, itu undang-undang sudah mengatur, bupati harus loyal kepada presiden," kata Setiawan seperti dikutip dari Detikcom.

Makanya, dalam konteks hubungan antara bupati dengan presiden Suharsono harus loyal karena dia perpanjangan tangan pemerintah pusat. Tetapi di dalam konteks Pilpres, dia tidak bisa menjadi tim pemenangan Jokowi.

Namun sebagai kader Partai Gerindra, Suharsono yang tercatat sebagai Ketua DPC Partai Gerindra Bantul harus patuh terhadap keputusan partai. Salah satu keputusan partai yakni melarang kepala daerah menjadi timses.

"Apakah Pak Harsono yang dari Gerindra ini masuk dalam tim pemenangan Prabowo? Juga tidak. Karena Pak Prabowo dan Pak Sandi menginstruksikan seluruh kepala pemerintahan dari Gerindra (tidak menjadi timses)," tuturnya.