Minggu, 21 Oktober 2018 17:10 WITA

Dinggap Konyol, Ternyata ini Fungsi Lengan T-rex

Editor: Suriawati
Dinggap Konyol, Ternyata ini Fungsi Lengan T-rex
INT

RAKYATKU.COM - Lengan-lengan kecil Tyrannosaurus rex (T-rex) yang telah lama menjadi bahan olok-olok, ternyata memiliki tujuan yang sangat penting.

Penelitian baru menunjukkan bahwa anggota tubuh itu berfungsi untuk membantu sang predator untuk memegang mangsanya lebih dekat, dan menempatkannya pada posisi ideal agar T-rex mudah menggigitnya.

Temuan ini diungkap oleh ilmuwan Stockton University di New Jersey, yang telah melakukan penelitian pada kerabat jauh theropoda yang telah punah itu.

Dalam studi tersebut, tim menyelidiki pergerakan lengan kalkun Meleagris gallopavo dan alligator Amerika (Alligator mississippiensis). Mereka menganalisis gerakan yang dimungkinkan oleh jaringan lunak, yang sering hilang dalam proses fosilisasi. Mereka menggunakan teknik yang disebut XROMM.

Hasilnya tim menetapkan bahwa sendi siku theropoid mampu melakukan gerakan kompleks, yang memungkinkan binatang untuk melakukan rentang gerak yang jauh lebih besar daripada yang dapat dicapai mamalia.

Loading...

Para peneliti mempresentasikan temuan itu pada pertemuan Society of Vertebrate Paleontology ke-78 minggu ini.

"Mereka mungkin bisa memutar telapak tangan ke dalam dan ke atas sedemikian rupa sehingga telapak tangan akan menghadap ke dada ketika siku dilipat," kata peneliti Christopher Langel dan Matthew Bonnan kepada Live Science.

Kami mungkin berspekulasi bahwa gerakan seperti itu (memutar lengan bawah dan tangan ke arah dada) bisa memungkinkan beberapa theropoda untuk membawa mangsa lebih dekat untuk menggigit."

Loading...
Loading...