Minggu, 21 Oktober 2018 14:16 WITA

Bantaeng Utus Kontingen di SKBKT 2018 Toraja Utara

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Andi Chaerul Fadli
Bantaeng Utus Kontingen di SKBKT 2018 Toraja Utara

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Sebanyak 25 orang Anggota Karang Taruna Kabupaten Bantaeng dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng, A Irvandi Langgara.

Pelepasan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Bantaeng pada Sabtu (20/10/2018), dalam rangka mengikuti SKBKT (Study Karya Bhakti Karang Taruna) dan BBKT (Bulan Bhakti Karang Taruna) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2018.

Kali ini SKBKT dan BBKT bakal digelar di Kabupaten Toraja Utara (Torut). Dipusatkan di Lapangan Kodim 1414 Torut, Kecamatan Rantepao, mulai 22-27 Oktober 2018.

Ketua Kontingen, Mahmud menjelaskan, Kontingen Bantaeng seluruhnya berjumlah 104 orang dengan target Juara Umum. "Tim pertama diberangkatkan hari ini sebanyak 25 orang untuk persiapan di lokasi dan akan menyusul sisanya pada hari Senin," kata dia.

Sebelum dilepas, Irvandi Langgara membacakan sambutan tertulis Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin. 

Ia berharap, para kontingen menjaga dan mengharumkan nama baik Kabupaten Bantaeng. Serta mampu menjaga sikap dan perilaku yang baik, sebagaimana jati diri masyarakat Bantaeng dan Sulsel pada umumnya.

"Hormati dan hargai peserta dari kontingen daerah lain. Jalin silaturahmi agar terbangun ukhuwah. Teman-teman dapat bertukar pengalaman dan pemikiran sesama peserta SKBKT dan BBKT," pesannya.

Lebih lanjut kata dia, agar Karang Taruna Kabupaten Bantaeng dapat lebih fleksibel dan memberdayakan Karang Taruna di tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan. 

Karang Taruna, menurutnya dapat berkontribusi dalam pelaksanaan program dan kegiatan di Desa/Kelurahan dengan melibatkan diri bersama Pemerintah setempat.

"Ini bukan kali pertama kita ikuti SKBKT dan BBKT. Namun kita senantiasa berpartisipasi aktif dalam setiap penyelenggaraan dan mampu mempersembahkan prestasi luar biasa. Semoga tahun ini dapat kita pertahankan, bahkan lebih baik lagi," pungkasnya.

Sementara itu Miftahuddin selaku Pengurus Karang Taruna Kabupaten Bantaeng mengapresiasi eksistensi Karang Taruna Kabupaten Bantaeng dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Karang Taruna adalah tempat membina diri, belajar bagaimana menata organisasi termasuk keluarga. Sehingga perlu ditumbuhkan kebersamaan di dalamnya.

"Kapan lagi kita belajar berorganisasi dan mandiri ketika semua ditopang Pemerintah. Kita ketahui bersama bahwa Karang Taruna ini wadah pembinaan generasi. Bukan hanya manusianya tapi mentalnya juga kita asah," ujarnya.

SKBKT dan BBKT di Toraja Utara akan diikuti sekitar 3 ribu peserta dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Dengan begitu Kontingen Bantaeng diharapkan sedapat mungkin menjalin interaksi dan hubungan baik dengan seluruh peserta.