Minggu, 21 Oktober 2018 12:02 WITA

Pesawat Berpenumpang 264 Orang, Tabrak Drone di Ketinggian 3.200 Kaki

Editor: Aswad Syam
Pesawat Berpenumpang 264 Orang, Tabrak Drone di Ketinggian 3.200 Kaki
Virgin Atlantic

RAKYATKU.COM, LONDON - Sebuah pesawat terbang dalam jarak 10 kaki, menabrak sebuah pesawat tak berawak. Demikian diungkap The Mail on Sunday.

Insiden itu terjadi pada 25 Juni di Central London, ketika pesawat jet Virgin Atlantic dengan kecepatan 250mph dan terbang dengan ketinggian 3.200 kaki mendekati Heathrow.

Boeing 787-9 Dreamliner, yang dapat mengangkut hingga 264 penumpang, melewati atas jalan-jalan perumahan di utara Clapham Common, ketika hampir tertabrak.

Sebuah laporan oleh UK Airprox Board (UKAB), yang menyelidiki, mengatakan, objek mirip drone terlihat lewat tepat di bawah sayap kanan, menghindari benturan dengan mesin sekitar 10 kaki.

Memberikan insiden peringkat Kategori A, yang berarti ada 'risiko serius tabrakan', ia menambahkan: "Dewan menganggap, keseluruhan akun pilot insiden itu menggambarkan situasi di mana pemeliharaan telah memainkan peran utama dalam insiden tersebut, dan/atau risiko tabrakan yang pasti sudah ada."

Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan, ini jarak yang paling dekat antara pesawat tak berawak dan pesawat komersial di Inggris.

Virgin Atlantic mengkonfirmasi insiden itu, dan menyerukan aturan yang lebih ketat pada drone.

"Sangat penting bahwa tindakan diambil untuk mengatur penggunaan drone di dekat bandara, dan kami mendesak Pemerintah mempertimbangkan usualn ini lebih lanjut," kata seorang juru bicara.

Operator drone biasanya hanya diizinkan terbang di bawah 400 kaki, dan diharapkan untuk tetap bebas dari bandara dan jalur penerbangan pesawat.

Angka nyaris tabrakan antara pesawat dan drone meningkat dari 29 pada tahun 2015 menjadi 92 tahun lalu.

Para ahli khawatir, mereka bisa mematikan mesin atau melukai pilot, jika mereka menabrak kaca depan pesawat.