Jumat, 19 Oktober 2018 23:33 WITA

Deklarasi Pilkada Damai, Wakil Wali Kota Palopo Harap Pemilu 2019 Tetap Sejuk

Penulis: Hamka Tadda
Editor: Nur Hidayat Said
Deklarasi Pilkada Damai, Wakil Wali Kota Palopo Harap Pemilu 2019 Tetap Sejuk
Polres Palopo bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar deklarasi damai pemilihan umum calon legislatif dan calon presiden dan wakil presiden, di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, Jumat (19/10/2018).

RAKYATKU.COM, PALOPO - Polres Palopo bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo menggelar deklarasi damai pemilihan umum calon legislatif dan calon presiden dan wakil presiden, di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, Jumat (19/10/2018).

Deklarasi tersebut diikuti unsur TNI, Polri, Bawaslu, pemerintah daerah, dan calon legislatif dari setiap partai politik.

Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB), mengatakan Pemilu dan Pilpres adalah tanggung jawab bersama, sehingga Kota Palopo tidak boleh masuk dalam zona yang tidak bagus.

"Pilkada lalu, pemilihan wali kota dan wakil wali kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur, telah kita lalui bersama dan berlangsung aman. Ini perlu kita pertahankan di Pileg dan Pilpres. Sehingga kita semua masuk dalam zona yang bagus, artinya kita sudah membuktikan kepada masyarakat bahwa kita sanggup melaksanakan agenda politik dengan damai, aman, dan sejuk," tuturnya.

Kapolres Palopo, AKBP Taswin, mengatakan deklarasi damai dilakukan untuk menyambut dan mendukung pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 dengan mengucapkan ikrar untuk siap mengawal pemilihan legislatif dan pilpres 2019 yang aman damai dan sejuk demi terwujudnya keutuhan NKRI.

"Kita berharap berjalannya tahapan Pemilu dan Pilpres berjalan aman dan lancar, seperti pada Pilkada sebelumnya yang aman dan damai dalam rangka proses demokrasi selanjutnya," katanya.

Deklarasi pemilu damai ditandai dengan penandatanganan deklarasi bersama dan pelepasan burung merpati,

Komisioner KPU Kota Palopo, Abdullah Jaya Hartawan, berharap kepada semua partai politik atau calon legislatif agar dalam menghadapi tahapan pemilu yang sedang berjalan, mengikuti ketentuan yang sudah ada, sehingga tidak terjadi konflik.

“Kita berharap dengan kegiatan ini pelaksanaan Pemilu ke depan bisa berlangsung dengan baik, lancar, aman, dan tenteram. Jika ada hal yang terjadi dalam masa tahapan ini dapat diselesaikan dengan ketentuan yang ada dengan hati yang sejuk," tuturnya.